Ini Pesan Untari kepada Generasi Muda

Yovie Wicaksono - 29 October 2021
Anggota Komisi E DPRD Jatim, Sri Untari Bisowarno. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim, Sri Untari Bisowarno berpesan kepada generasi muda untuk menjadi generasi yang tangguh dan produktif dengan menentukan tujuan hidup yang jelas.

“Kalau sudah ada tujuan maka teguhlah dengan tujuan itu dan tetapkan strategi pencapaiannya,” ujarnya, Kamis (28/10/2021).

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim ini menambahkan, di era seperti sekarang ada suatu metode yang dapat mempermudah generasi muda dalam menetapkan target, rencana dan tujuan, yaitu dengan metode SMART Goals.

“SMART merupakan singkatan dari Specific (spesifik), Measurable (terukur), Achievable (dapat tercapai), Relevant (sesuai) dan Timebound (batas waktu),” katanya.

Ditambahkan, saat seseorang memiliki rencana, maka perlu adanya target yang spesifik. Setelah itu mengukur progress dari tujuan spesifik yang sudah dibuat.

Selain itu, target yang telah ditentukan juga harus dapat dicapai. Apabila tidak dapat dicapai maka bisa menetapkan tujuan lainnya, jika target tersebut tercapai, tentu akan memiliki dampak terhadap yang lainnya.

“Kemudian timebound, jika memiliki tujuan tentunya harus ada batas waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Artinya hidup ini ditarget. Kalau cita-citanya diukur dengan itu saya kira akan bisa terwujud,” tandasnya.

Untari juga mendorong generasi muda untuk terus mengembangkan diri seoptimal mungkin, tidak hanya berpikir untuk menjadi seorang pekerja namun menjadi wirausaha yang bisa membuka lapangan pekerjaan untuk sesama.

Tak cukup hanya memiliki tujuan hidup yang jelas, generasi muda juga perlu memiliki keimanan yang kuat, menguasai ilmu pengetahuan, effort yang kuat, serta berpikir kreatif dan inovatif.

“Effortnya harus kuat, jangan menunggu diperintah. Jangan menjadi pribadi instruktif, tapi harus kreatif dan inovatif,” katanya.

Untari menegaskan tidak ada hal yang sulit untuk dicapai, namun terkadang justru diri sendiri yang menghambat kemajuan diri.

“Yang ada hanyalah mental block kita sendiri. Apa yang sudah kita tetapkan jangan dihambat sendiri karena mental block yang kita ciptakan sendiri ini luar biasa dampaknya, bisa merusak segala rencana yang sudah kita rancang. Jadi buang mental block, bekerjalah dengan keras apalagi masih muda,” katanya.

Tak lupa, sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, Untari berpesan untuk menguasai dan menerapkan ajaran dalam Pancasila.

“Pancasila itu kalau dilaksanakan kita akan jadi pribadi yang luhur, luar biasa, dan pasti disukai orang,” ujar Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) ini.

Sekadar informasi, Hari Sumpah Pemuda 2021 yang jatuh pada hari ini, 28 Oktober mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”.

Menurut Untari, tema tersebut sangat tepat digunakan pada saat ini, dimana rakyat Indonesia harus bersatu, bangkit dan tumbuh bersama.

“Dari tema yang telah ditetapkan “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh” artinya kita butuh penyatuan batin, fisik, pikiran sebagai rakyat Indonesia untuk bangkit dari pandemi dengan cara menyambut era yang sekarang ini untuk menuju pertumbuhan Indonesia,” ujarnya. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.