HUT ke-77 TNI AU, Puan: DPR Komitmen Dukung Modernisasi Alutsista

Yovie Wicaksono - 10 April 2023

SR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI Angkatan Udara (AU) yang digelar di Taxi Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dengan Upacara Kemiliteran, Minggu (9/4/2024), yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Selain Puan, sejumlah tokoh dan pejabat negara turut hadir dalam puncak peringatan HUT TNI AU. Di antaranya seperti Menko Polhukam Mahfud MD dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Puan pun menegaskan komitmen DPR RI yang akan terus mendukung modernisasi Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista) demi menunjang tugas serta tanggung jawab prajurit dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada keluarga besar TNI Angkatan Udara,” kata Puan.

Setelah upacara berlangsung, Puan turut menyaksikan defile pasukan TNI AU di lokasi acara. Peringatan HUT ke-77 TNI juga disemarakkan dengan demonstrasi udara dan keterampilan dari prajurit TNI AU.

Bahkan masyarakat umum dapat menonton atraksi pesawat-pesawat tempur yang bermanuver sedemikian rupa untuk memeriahkan puncak HUT ke-77 TNI AU. Puan pun secara khusus mengapresiasi dedikasi para prajurit TNI AU selama ini.

“Terima kasih atas pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Semoga TNI AU semakin profesional dan selalu mencintai rakyat Indonesia,” tutur perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Menurut Puan, memasuki usia 77 tahun, TNI AU telah membuktikan eksistensinya dalam melaksanakan berbagai tugas bakti untuk negeri. Termasuk dengan turut serta mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat.

Oleh karenanya, DPR berkomitmen untuk terus mendukung kebutuhan TNI AU sehingga dapat lebih optimal dalam menjaga keutuhan NKRI dan memberi pengabdian kepada masyarakat.

“DPR RI bersama Pemerintah bersinergi membangun kebijakan strategis dalam upaya modernisasi alutsista TNI AU,” ujar Puan.

“Apalagi pada era modern saat ini, sudah menjadi keharusan bagi Indonesia untuk memiliki kebijakan membangun sistem pertahanan udara yang maju dan canggih,” lanjutnya.

Mantan Menko PMK itu mengatakan, TNI membutuhkan sistem pertahanan negara yang memiliki strategi Geopolitik, dukungan sumber daya manusia, sarana dan prasarana alutsista yang mumpuni.

Hal tersebut, kata Puan, demi mempertahankan, melindungi, dan memelihara keutuhan serta kedaulatan negara.

“Melalui fungsi anggaran, legislasi maupun pengawasan, DPR RI berkomitmen tinggi untuk ikut mendukung upaya membangun kekuatan TNI dalam melaksanakan pertahanan Negara, pembangunan postur pertahanan militer dengan pemilihan alutsista yang mutakhir, baru dan sesuai dengan kebutuhan,” papar cucu Bung Karno tersebut.

Puan juga menegaskan, DPR RI bersama Pemerintah senantiasa berupaya meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI. Dengan begitu, Indonesia dapat memiliki penjaga pertahanan negara yang profesional, tangguh dan modern serta disegani di kawasan seperti tema HUT TNI AU kali ini.

“Sekali lagi, saya mengucapkan selamat memperingati hari jadi yang ke-77 bagi seluruh prajurit TNI AU. Dirgahayu TNI Angkatan Udara, salam Swa Bhuwana Paksa,” pungkas Puan. (*/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.