Hari Pertama, Pantarlih Berhasil Coklit Sejuta Pemilih di Jatim

Rudy Hartono - 25 June 2024
Komisioner KPU Jatim berpose dengan latar belakang data rekap coklit satu juta pemilih di Surabaya, Senin malam (24/6/2024). (foto:antara)

SR, Surabaya – Hari pertama bertugas, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, berhasil melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data sebanyak lebih dari sejuta pemilih.

Atas kerja keras para Pantarlih yang tersebar di 38 Kabupaten Kota ini, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) memberikan apresiasi dan penghargaan, pada momen ‘Gebyar Coklit Serentak Sejuta Pemilih’.

Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi menjelaskan, mereka sedianya baru dilantik pada hari ini, Senin (24/6/2024). Langsung tancap gas, dan berhasil melakukan coklit lebih dari sejuta data pemilih di Jatim.

“Ada 116 ribu sekian (Pantarlih) untuk melakukan pemutakhiran data pemilih di 38 Kabupaten Kota dengan estimasi pemilih nantinya sekitar 31 jutaan,” ujarnya.

Mereka akan melanjutkan kegiatan coklit tersebut selama sebulan kedepan, yakni sejak tanggal 24 Juni – 24 Juli 2024. Dengan harapan, seluruh rumah warga yang ada di Jatim, telah tercoklit.

“Dan sudah dipastikan bahwa memang yang berhak masuk didalam daftar pemilih, sudah dimasukkan. Dan yang tidak berhak, itu harus dikeluarkan,” imbuhnya.

Coklit tersebut bukan hanya untuk pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, tetapi juga Pemilihan Walikota – Wakil Walikota, serta Bupati – Wakil Bupati serentak 2024. (*/rri/red)

Tags: , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.