Hari Pertama Lebaran, KBS Ramai Pengunjung

Yovie Wicaksono - 14 May 2021
Pengunjung di Kebun Binatang Surabaya. Foto : (Super Radio/Hamidia Kurnia)

SR, Surabaya – Hari pertama libur lebaran, masyarakat mulai memadati tempat wisata, seperti di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Kamis (13/5/2021).

Humas Kebun Binatang Surabaya Agus Supangkat mengatakan, jumlah kunjungan mulai meningkat setelah sempat menurun di 4 hari terakhir bulan Ramadan.

Adapun selama Ramadan ini rata-rata jumlah pengunjung di hari kerja 800 orang, kemudiaan saat akhir pekan sekira 1500 orang. Mengingat masih di tengah pandemi, dalam satu hari jumlah pengunjung dibatasi hanya 5000 orang.

“Sampai Kamis sore jumlah pengunjung sudah lebih dari 2000, ini naik dibanding 4 hari terakhir Ramadan kemarin yang rata-rata cuma 200 orang,” ujarnya.

Agus menjelaskan khusus liburan kali ini, KBS buka pada 08.00-16.30 WIB, dan pengunjung sudah bisa menikmati beberapa wahana yang sebelumnya ditutup, seperti Feeding Time, Tunggang Gajah dan Aquarium.

“Jadi selama lebaran tahun ini kita fokus ke wahana-wahana yang sudah bisa dinikmati mulai Aquarium, Wahana Tunggang Gajah, Tunggang Unta, Kids Zoo, dan kita laksanakan program Feeding Time Satwa. Untuk jam buka kami spesial lebaran mulai pukul 08.00-16.30 WIB kemudian pembelian bisa diakses online,” imbuhnya.

Meski beberapa wahana telah dibuka, namun tetap ada program yang sengaja ditiadakan untuk menjaga protokol kesehatan, yakni live musik di Kebun Binatang Surabaya.

Selain itu, untuk menghindari kerumunan, pihaknya membuka semua akses pintu masuk. Bagi pengunjung yang menaiki angkutan umum dan parkir kendaraan di Terminal Joyoboyo bisa masuk melalui pintu selatan.

Sedangkan untuk pengguna roda dua dan roda empat, dapat masuk melalui area parkir di pintu masuk 12 dan pintu masuk utama yang berdekatan dengan patung Suroboyo. Sebagai tambahan, telah disiapkan pula satu pintu darurat.

Pihaknya berharap, masyarakat menyiapkan diri sebelum berkunjung dengan memastikan bahwa mereka dalam kondisi baik dan sehat. Pengunjung juga wajib mengikuti protokol kesehatan.

Untuk menunjang kesehatan dan keselamatan tersebut, seluruh petugas dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD).

“Agar seluruh pengunjung tidak lengah dan selalu ingat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, petugas dari tim Satgas Covid-19 akan keliling untuk memantau, mengimbau, dan mengajak pengunjung untuk taat protokol kesehatan. Dan penempatan pada titik-titik kerumunan,” pungkasnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.