Harga Ayam Sayur Turun,  Harga Telur Melambung

Yovie Wicaksono - 27 June 2019
Putri seorang peternak ayam petelur asal Desa Plaosan, Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Sintiya, sedang memanen telur. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri  – Disaat harga ayam sayur anjlok di pasaran, di Kediri, harga telur ayam justru mengalami kenaikan.

“Hari ini naik, jika sebelumnya kalau mau beli langsung di produsen Rp 19.500 berubah menjadi Rp 19.800 per kilogram. Jika ada yang beli langsung kita ambilkan di gudang,” ujar peternak ayam petelur asal Desa Plaosan, Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Sudaryati (60).

Telur yang dijualnya tersebut, merupakan harga ditingkat produsen. Sementara pedagang menjualnya kembali ke konsumen dengan harga Rp 22ribu per kilogram, naik seribu rupiah jika sebelumnya Rp 21ribu.

Sudaryati mengaku, untuk produksi telur ditingkat peternak khususnya di wilayah Dusun Temboro, Desa Plaosan, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, masih cenderung stabil.

Perempuan yang sejak tahun 2004 menggeluti usaha dibidang peternak ayam ini menjelaskan setiap harinya, ia bisa memanen telur sebanyak 1,5 kwintal.

“Per harinya saya bisa memanen telur sebanyak 1,5 kwintal dengan jumlah populasi ayam kisaran 5 ribu ekor,” ujarnya, Kamis (27/6/2019).

Disamping menjual telur, Sudaryati juga melayani pembelian daging  ayam petelur. Jika dibandingkan dengan harga daging ayam sayur, yang saat ini turun di pasaran, harga daging ayam petelur justru cenderung stabil.

“Biasanya cuman melayani momen hari besar, seperti tahun baru atau lebaran. Per kilonya harga daging ayam petelur kita jual Rp 20ribu. Rata-rata berat ayam petelur mencapai 3 kilogram, jadi satu ekornya bisa dijual Rp 50ribu,” kata Sintiya, putri dari Sudaryati.

Pertimbangan ia menjual ayam petelur dikarenakan ayam tersebut sudah tidak produktif lagi  menghasilkan telur.

Seperti diketahui di beberapa daerah, sejumlah peternak ayam sayur mengaku harus menjual rugi hewan ternaknya itu lantaran harganya mengalami penurunan di pasaran. Per satu ekor untuk harga daging ayam sayur dengan berat satu kilogram dijual kisaran Rp 10ribu. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.