Gagas Aplikasi Tangani Kekerasan Seksual, Mahasiswa Unair Sabet Emas di WYIIA 2022

Yovie Wicaksono - 19 September 2022
Gagas aplikasi untuk tangani kekerasan seksual, mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya raih emas di WYIIA 2022. Foto : (istimewa)

SR, Surabaya – Mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Universitas Airlangga (Unair) kembali menunjukkan prestasinya di kancah internasional. Zefanya Kharisma Nugroho, Nadhira Sekarputri, Nabilah Az Zahro, Adisty Salsabila Candra dan Kaniraras Nugrahandini meraih emas dalam kompetisi World Youth Invantion and Innovation Award (WYIIA) 2022 yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dalam kompetisi itu, mereka mengangkat isu kekerasan seksual. “Pada awalnya, kami memiliki beberapa isu yang menarik untuk dijadikan tema, namun setelah diskusi dengan tim dan hasil akhirnya memilih kekerasan seksual untuk fokus pembahasannya,”
ujar Nadhira, Senin (19/9/2022)

Gagasan tersebut tertuang dalam inovasi aplikasi bernama SEEKER yang mewadahi para korban pelecehan seksual untuk mendapatkan ruang nyaman dalam mengutarakan perasaan mereka. Dalam aplikasi tersebut, terdapat fitur untuk melaporkan dirinya sendiri serta dilampirkannya bukti atas tindak pelecehan seksual.

Tidak hanya korban, namun juga ada fitur untuk saksi. “Karena ada beberapa orang yang dipercayai oleh sang korban untuk bercerita mengenai tindak pelecehan seksual, maka dari itu fitur ini kami buat,” jelas Nadhira.

Setelah sang korban melakukan pelaporan, akan diarahkan pada live chat bot yang melayani konsultasi. Bukti pelecehan yang telah di upload akan di follow-up dan ditindaklanjuti oleh pihak berwenang.

SEEKER merupakan aplikasi third party yang ingin memudahkan para korban melapor tindak kekerasan seksual. Untuk tindak lanjut dari kasus itu akan tetap ditangani oleh pihak berwenang yaitu polisi, lembaga kekerasan seksual, dan Komnas HAM.

Nadhira mewakili timnya berharap dengan inovasi yang mereka canangkan tidak sekedar sebagai juara namun dapat menjadi solusi yang berkelanjutan untuk mengatasi keresahan masyarakat. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.