Berwisata ke Kampung Kelinci Kediri

Yovie Wicaksono - 2 January 2022
Seorang Anak Sedang Melihat Kelinci di Wisata Edukasi Kamping Kelinci, Kota Kediri. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Berawal dari hobi memelihara kelinci, Djaka Siswa Lelana akhirnya membuat wisata edukasi Kampung Kelinci di Banggi, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

“Berawal dari hobi ya, karena saya suka memelihara hewan terutama kelinci, jenisnya banyak lucu lucu dan tentu saja disukai anak-anak. Kemudian kita beri edukasi dengan maksud dan tujuan, agar sejak usia  dini mereka suka mencintai binatang,” ujarnya.

Disana, terdapat sekira 10 jenis kelinci mulai dari kelinci hias hingga kelinci pedaging. Para pengunjung pun diperkenankan untuk berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan kelinci tertentu yang ditempatkan di dalam sangkar berukuran besar.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa memberi makan kelinci dengan membeli wortel seharga Rp 5000 per tiga biji yang disediakan oleh pengelola.

Kampung Kelinci sendiri dulunya merupakan lokasi pembuangan sampah, yang kini telah diubah menjadi kawasan edukasi dengan dilengkapi beberapa fasilitas seperti ayunan, kolam pasir dan lainnya di area wahana bermain dan tempat merokok khusus untuk pengunjung lantaran disana  menerapkan aturan lingkungan ramah anak.

Banyak  pengunjung  betah berlama-lama disini  karena dilahan seluas  2000 meter persegi di area wisata edukasi Kampung Kelinci ini banyak dikelilingi pohon bambu tinggi menjulang, hingga suasana terkesan sejuk dan teduh.

Jika pengunjung merasa lapar dan ingin makan, tak perlu repot cari diluar. Karena disini banyak pedagang yang menjual aneka macam makanan dan minuman tradisional dengan harga terjangkau.

“Para pedagang saya tarik disini dan tidak saya kenai biaya,  asalkan mereka menjual makanan khas tradisional dan memakai baju kebaya. Kenapa harus begitu? karena setelah saya survey ternyata banyak pengunjung yang ingin selfie dengan para pedagang dengan dandanan tradisional sehingga   banyak mengundang daya  tarik,” jelasnya.

Sekadar informasi, wisata edukasi Kampung Kelinci ini pertama kali dilauncing pada 22 Desember 2019 dan sempat tutup hampir dua tahun lantaran adanya pandemi Covid-19.

Harga tiket masuk juga relatif murah, untuk  kategori usia anak hanya dikenai biaya Rp 5000. Sementara usia dewasa Rp 10.000. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.