Banteng Kediri Tanam Ribuan Bibit Buah di Lereng Wilis

Yovie Wicaksono - 31 January 2021
Banteng Kediri Tanam Ribuan Bibit Buah di Lereng Wilis. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekaligus upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, jajaran pengurus dan kader PDI Perjuangan Kabupaten Kediri  menanam 2.000 bibit buah di dataran tinggi Desa Pamongan, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, tepatnya di lereng Gunung Wilis, Minggu (31/1/2021).

Para pengurus yang ikut aksi peduli lingkungan itu mulai Dewan Pimpinan Cabang (DPC), hingga struktur Partai paling bawah. Hadir sejumlah legislator dan Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodik Purwanto dari Fraksi PDI Perjuangan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri Murdi Hantoro mengatakan, dengan adanya kegiatan penanaman bibit buah yang dilakukan diharapkan dapat membawa manfaat untuk lingkungan sekitar.

“Mudah mudahan dengan adanya penanaman ini, semua masyarakat mau merawat hingga tanamannya dapat hidup. Syukur kalau bisa berbuah diharapkan  bisa menambah perekonomian masyarakat desa setempat,” harapnya.

Ribuan bibit buah yang ditanam di lereng Gunung Wilis ini antara lain durian, sawo, mangga, alpukat, trembesi dan lain sebagainya.

Selain diharapkan bisa berbuah, ribuan tanaman ini dapat berfungsi sebagai penahan longsor, karena memiliki karakter akar yang menjulur ke bawah.

“Selain tanaman buah buahan, ada juga tanaman yang  menahan longsor semisal akar wangi. Khusus akar wangi kita bawah 300 tanaman. Serabutnya panjang bisa untuk menahan tanah,” ujar Murdi Hantoro.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan kali kedua dari rangkaian pelaksanaan HUT ke 48 PDI Perjuangan. Sebelumnya kegiatan serupa juga pernah dilakukan di wilayah Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, persisnya di lereng kaki Gunung Kelud.

“Tempo hari kita juga melakukan penanaman 1000 pohon di Kecamatan Puncu lereng kaki Gunung Kelud,” katanya.

Setelah kegiatan penanaman, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri masih menyisakan 2 agenda kegiatan lagi. “Belum rangkain penutup, masih ada 2 kegiatan lagi. Nanti masih ada Musancab, setelah itu kita adakan HUT tingkat kabupaten,” imbuh Murdi Hantoro.

Sementara itu, Kades Pamongan, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Suyani menyambut positif adanya kegiatan tersebut. Ia mengatakan, sebelumnya lokasi ini di tahun 2014 pernah  ditanami pohon sengon tetapi pertumbuhannya sangat lambat dan tak kunjung membesar.

“Akhirnya kita bongkar untuk ditanami buah buahan yang produktif agar setiap tahun menghasilkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelas Suyani. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.