Agustin Poliana Ajak Generasi Muda Perangi Radikalisme

Yovie Wicaksono - 21 August 2022

SR, Surabaya – Anggota Komisi C DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim) Agustin Poliana menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di lt P8 BG Junction, Minggu (21/8/2022).

Bertajuk “Ayo Bangkit dan Pulih dari Intoleransi-Radikalisme serta Narasi Anti Pancasila”, Agustin mengajak para generasi muda untuk lebih cinta tanah air.

“Kita mengundang anak generasi Z supaya mereka memahami bahwa kehidupan itu bukan hanya rutinitas sekedar bermain dan sekolah, begitu lulus dia harus menghadapi dunia,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Hal ini, menurutnya penting untuk diajarkan sejak dini. Rasa cinta tanah air, pemahaman ideologi Pancasila, serta toleransi harus jadi pedoman agar tak mudah terpapar paham radikal. 

“Nah kadang mereka abai terhadap lingkungan, tentang sejarah bangsa ini. Makanya harus sesegera mungkin dikelola daya pikirnya, jadi harus membuka diri terhadap dunia luar,” ujarnya.

Terlebih, sebentar lagi memasuki tahun pemilihan kepala daerah dan kepala negara yang rawan perpecahan. Sehingga para milenial hingga Gen-Z harus diberi pemahaman terkait demokrasi dalam menggunakan hak pilih.

“Nah tahun 2024 mereka akan melakukan proses demokrasi menggunakan hak pilihnya karena itu kita ajari mereka ke dunia demokrasi melalui PDI perjuangan,” ungkapnya.

Disampingi itu, ancaman radikalisme juga perlu diwaspadai. Banyak oknum yang sengaja memanfaatkan momen pemilihan tersebut untuk memanaskan suasana dan membuat kericuhan. 

Karena itu perlu upaya preventif untuk mencegahnya, salah satunya melalui sosialisasi wawasan kebangsaan yang ia lakukan.

“Radikalisasi sudah mulai merambah ke kampus-kampus ini dikhawatirkan membawa anak muda, nanti dia membawa temannya yang lain nah kita tidak ingin anak muda ini terbawa arus, terutama yang labil,” pungkasnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.