Sungai Kalianak Tertutup Sampah, Armuji : Nanti Kalau Banjir Kita yang Disalahkan

Yovie Wicaksono - 8 March 2022

SR, Surabaya – Sungai Kalianak nyaris tidak terlihat airnya lantaran tertutup tumpukan sampah yang didominasi sampah plastik dan popok bayi, sehingga saat hujan atau pasang tiba, rumah warga di Morokrembangan dan Genting Kalianak tergenang air yang meluap.

Mengetahui hal tersebut, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji dengan didampingi oleh Petugas Dinas Sumberdaya Air dan Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Krembangan, Kelurahan Morokrembangan beserta tokoh Masyarakat sekitar meninjau langsung lokasi tersebut untuk dilakukan pembersihan serta pengangkutan sampah, Senin (7/3/2022).

“Ini sampahnya dari mana? Warga harus peduli juga, jangan membuang sampah di sungai. Kalau nanti banjir Pemerintah Kota yang disalahkan,” ujar Armuji.

Ia pun meminta agar secara berkala dilakukan pembersihan permukaan sungai sambil memikirkan solusi untuk menormalisasi sungai agar mampu berfungsi optimal.

“Saya minta semua warga juga harus peduli bahwa ini tanggung jawab bersama, itu kalau kita lihat sampahnya sampai memadat dan bisa dibuat berjalan diatasnya,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Armuji juga menyampaikan bahwa berbagai skema untuk meminimalisir terjadinya genangan selama puncak musim hujan telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya melalui upaya normalisasi saluran air, optimalisasi rumah pompa dan membuat crossing saluran untuk cepat pembuangan ke sungai. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.