Mahasiswa Hotel Management Universitas Kristen Petra Jalankan Enam Unit Bisnis

Yovie Wicaksono - 4 June 2022
Mahasiswa Hotel Management Universitas Kristen Petra Jalankan Enam Unit Bisnis. Foto ; (Humas UK Petra)

SR, Surabaya – Sebanyak 68 mahasiswa program Hotel Management Universitas Kristen (UK) Petra mengikuti kelas praktik Manajemen Operasional Hotel (MOH) dengan mengusung nama Crescere Group.

“Selama satu semester, para mahasiswa semester enam ini mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum pada akhirnya mulai 16 Februari yang lalu baik secara online maupun offline mulai menjalankan praktik nyata layani masyarakat umum baik itu hotel, café, restaurant hingga laundry,” ujar Seketaris Program Hotel Management UK Petra, Agung Harianto.

Crescere berasal dari Bahasa Latin yang artinya bertumbuh atau semakin besar. Gerarldine Audrey Suwondo selaku General Manager mengatakan, dipilihnya nama tersebut dengan harapan seluruh staf mahasiswanya dapat bertumbuh dan berkembang.

“Sehingga mampu memberikan dan mengembangkan pelayanan yang terbaik pada pelanggan,” ujarnya.

Crescere Group ini sendiri merupakan unit bisnis yang terbagi menjadi enam, yaitu Crescere Hotel, Acacia Restaurant, Meltshake Cafe, Fatwok (Kitchen), Namu (Pastry & Bakery) dan Tjutji-tjutji Laundry.

Sehingga ada brand yang memang dijalankan secara sistem Pre Order terlebih dahulu. Misalnya seperti Fatwok Kitchen dan Namu Pastry & Bakery menggunakan sistem cloud kitchen, yang bisa diambil sendiri di kampus atau dikirimkan melalui layanan jasa kurir.

Dengan mengambil nuansa rustic (pedesaan), maka dekorasi pun menggunakan konsep hutan dan pohon dengan dominasi warna hijau, krem dan putih pada seragamnya.

Agung merinci, setiap mahasiswa yang akan menjalankan MOH ini mendapatkan modal awal dari UK Petra sebesar Rp 60 juta yang digunakan untuk biaya operasional untuk memulai sebuah bisnis.

“Mulai dari dekorasi, membeli bahan hingga seragam. Hasil keuntungan akan diberikan atau dikembalikan pada mahasiswa yang menjalankan MOH ini,” ujar Agung.

Sehingga dengan demikian, para mahasiswa belajar mempraktikkan sebuah ide menjadi bisnis yang disesuaikan dengan perubahan saat ini. Tentu saja dengan supervisi dari para dosen.

Food and Beverage yang dihasilkan oleh para mahasiswa semester enam ini mencapai 163 produk, dimana konsep FnBnya mengangkat menu Asia dengan Fusion Western. Sedangkan untuk hotel tersedia tiga kamar dan untuk laundry menyuguhkan 34 tipe service. (*/red)

Tags: , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.