Kelompok Seni Budaya Pecut Kediri Gelar Atraksi Tarik Mobil

Yovie Wicaksono - 10 September 2021
Kelompok Seni Budaya Pecut Kediri Gelar Atraksi Tarik Mobil. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Kelompok seni budaya pecut dan jaranan Kediri menggelar beragam pentas seni, mulai dari pentas seni jaranan, atraksi bantengan, serta kesenian  pecut secara virtual dan tertutup untuk umum di salah satu tempat di wilayah Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Kamis (9/9/2021).

Tidak hanya sekadar pentas seni, dalam pertunjukan  virtual tersebut juga diselingi atraksi yang cukup mendebarkan, dimana sebuah mobil Pajero Sport dengan beban berat 2 ton dan dinaiki belasan orang ditarik hanya menggunakan pecut.

Sementara untuk kategori wanita, menarik mobil menggunakan pecut beban berat 1,3 ton. Tidak berhenti sampai disitu, kelompok seni budaya Pecut Samandiman Kediri juga mempertontonkan buatan pecut terpanjang putera 10 meter serta pecut terpanjang putri 7 meter.

Pertunjukan yang digelar dalam rangka Hari Jadi Kota Kediri ke 1142 sekaligus penutupan Grebeg Suro 2021 tersebut mendapat piagam penghargaan dari CARI (Catatan Rekor Indonesia).

“Sebelumnya kita sudah beberapa kali latihan, bahkan persiapannya sekitar 1 bulanan. Ada unsur spiritualnya juga,” kata ketua kelompok Pecut Samandiman Kota Kediri, Muhammad Hanif.

Ia mengatakan, sebelum pentas dilaksanakan, terlebih dahulu para pelaku seni ini menggelar ritual doa meminta pertolongan  kepada Tuhan agar wabah pandemi Covid-19 segera berakhir.

“Ritual ini termasuk ungkapan puji syukur kita kepada Tuhan, semoga pandemi Covid-19 segera berakhir,” katanya.

Pergelaran pentas seni budaya ini pun berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.