Hiruk Pikuk Pasar Ikan Pabean Surabaya

Yovie Wicaksono - 4 September 2022

SR, Surabaya – Hiruk pikuk di Pasar Pabean Surabaya seakan tak pernah habis dimakan waktu. Hingga menjelang sore, masih terlihat para pembeli yang hilir mudik membawa ikan pesanannya.

Pasar yang berlokasi di Jalan Panggung, Nyamplungan, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya itu memang sudah lama terkenal sebagai pusat ikan basah di Kota Pahlawan.

Meski para pedagangnya terletak di bagian belakang pasar hingga ke area pinggir jalan, namun hal itu tidak mengurangi kepadatan aktivitas jual beli disana.

Berbagai ikan segar seperti gurame, patin, barakuda, kerang, kepiting, udang, dan sebagainya, juga langsung dipasok dari para nelayan di Jawa.

Para pemasok dari berbagai daerah itu selalu datang selepas Dzuhur membawa puluhan tong ikan untuk dijual ke para pedagang di sana.

Hamzah, salah satu penjual ikan menyebut, dalam sehari lapaknya membawa sampai 5 tong yang berisi macam-macam ikan. “Sehari kirimannya dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Semarang, Probolinggo, Tulungagung,” ucapnya, Sabtu (3/9/2022).

Ikan-ikan tersebut selanjutnya dipilah sesuai beratnya dan dijual di kisaran Rp 35-60 ribu per kilogram. “Yang dijual banyak, ada ikan gurame tongkol, cumi-cumi, patin, barakuda. Tapi yang paling laku gurame sama patin,” ujarnya.

Dalam sehari, dirinya bisa menjual 500 kuintal hingga 1 ton ikan. Dan puncaknya di musim tahun baru yang mencapai 2 ton ikan. “Banyak yg beli juga buat dijual lagi, biasanya dari Sidoarjo,” tuturnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.