Hari Hutan Sedunia, Kusnadi Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Alam

Yovie Wicaksono - 21 March 2022
Foto : (Freepik)

SR, Surabaya – Bertepatan dengan peringatan Hari Hutan Sedunia atau International Forest Day pada 21 Maret, Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Kusnadi mengajak seluruh pihak untuk bisa memanfaatkan hutan secara bijak.

Menurutnya, alam memang diciptakan untuk manusia. Namun, bukan berarti dapat dimanfaatkan dengan berlebihan tanpa melihat daya tampungnya.

“Kita tidak akan bisa hidup tanpa lingkungan hidup, karena itu disamping kita bisa menikmati lingkungan hidup itu, ada kewajiban kita untuk menjaga,” ujarnya.

Pemanfaatan lahan hutan, lanjutnya, boleh dilakukan namun dengan cara lestari. Artinya, mengubah lingkungan hidup fisik yang dibarengi dengan menjaga kemampuan daya dukung lingkungan hidup itu sendiri.

“Kalau misalnya pembangunan untuk manusia lalu menghancurkan lingkungan hidup juga tidak bisa,” ucapnya.

Hal ini, seperti yang sudah terlihat di Jawa Timur. Dimana berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan per 2021, menempati posisi puncak dalam capaian perhutanan sosial di pulau Jawa.

Kemudian, dari 348 unit SK perhutanan sosial, sebanyak 303 unit merupakan SK Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) atau 32,48 persen dari total capaian SK Kulin KK Nasional.

Namun tidak cukup sampai disitu, Kusnadi tetap mengimbau agar kelestarian hutan ini  terus ditingkatkan dan merata di seluruh wilayah Jawa Timur, agar tidak ada lagi bencana seperti banjir, longsor, dan sebagainya.

“Jadi bukan oh sudah cukup 30 persen di Jatim, tapi kalau hanya di beberapa daerah saja dan daerah lainnya malah gersang ya gimana mau gak banjir,” tuturnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.