Harga Cabai di Jatim Merangkak Naik

Yovie Wicaksono - 9 January 2021
Ilustrasi. Bulog Kediri membeli cabai langsung ke petani lokal untuk memenuhi ketersediaan cabai (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Surabaya – Memasuki minggu pertama Januari 2021 harga cabai rawit, cabai merah besar, maupun cabai merah keriting di berbagai pasar rakyat Jawa Timur khususnya di Surabaya cenderung merangkak naik.

Menurut data dari Siskaperbapo Disperindag Jawa Timur, harga rata-rata untuk cabai rawit Rp 70.000 per kilogram. Sementara harga cabai merah besar keriting rata-rata Rp 46.000 per kilogram dan cabai merah besar biasa Rp 36.000 per kilogram.

Ketua Paguyuban Petani Cabe Indonesia Jawa Timur, Suyono, Jumat (8/1/2021) mengatakan, pada musim penghujan sebagian petani mulai beralih menanam padi sehingga harga cabai cenderung mulai naik baik pada cabai merah besar maupun cabai rawit merah dan cabai keriting.

Sementara persediaan cabai di pasar maupun di beberapa daerah sentra dan distributor cabai di Jawa Timur masih cukup tersedia. Sedangkan untuk harga cabai merah keriting, cabai merah biasa mulai turun tetapi untuk cabai rawit di sentra cabai di Pare Kediri cenderung terus naik karena pasokan dari petani sedikit berkurang.

Menurut data harga cabai di tingkat distributor di sentra cabai Kepung Pare dan Plosoklaten Kediri pada Jumat (8/1/2021) fluktuatif naik dengan harga bervariatif, untuk cabai besar varitas gada saat ini Rp 20.000 per kilogram dan cabai merah besar varietas imola Rp 14.000 per kilogram, serta cabai merah besar keriting rata-rata Rp 33.000 per kilogram.

Sedangkan harga cabai rawit merah kecil varietas gandrung rata-rata Rp 61.000 per kilogram, cabai rawit varietas ori 212 Rp 63.000 per kilogram, cabai rawit varitas lokal pagu Kediri dijual dengan harga Rp 60.000 per kilogram dan cabai rawit serta cabai rawit varitas baskara Rp 54.000 kilogram.

Harga cabai baik di pasar grosir dan pasar Surabaya sekitarnya fluktuatif cenderung naik, diharapkan harga pasca tahun baru meskipun meskipun naik masih dalam batas kewajaran.

“Naiknya harga cabai khususnya cabai rawit di sentra cabai Kediri karena saat ini musim hujan dan cabai mudah busuk bila kena air atau banjir,” ujar Suyono. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.