Gelar Malam Tasyakuran dengan Pakaian Adat

Yovie Wicaksono - 17 August 2019
Ratusan warga dari 10 RT yang ada di RW-08 Rungkut Mapan Barat, Surabaya, mengenakan pakaian adat daerah dalam Malam Tasyakuran Kemerdekaan Indonesia, pada Jumat (16/8/2019). Foto : (Super Radio/Fena Olyvira)

SR, Surabaya – Ratusan warga dari 10 RT yang ada di RW-08 Rungkut Mapan Barat, Surabaya, mengenakan pakaian adat daerah dalam Malam Tasyakuran Kemerdekaan Indonesia, pada Jumat (16/8/2019).

Acara dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI ini digelar di sepanjang 200 meter Jalan Rungkut Mapan Barat X Surabaya dengan tema Bhinneka Tunggal Ika.

“Dalam setiap kegiatan besar di RW-08 ini, kami selalu menggunakan tema Bhinneka Tunggal Ika. Mengingat warga kita terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras, dan itu harus selalu kita ikat menjadi satu yaitu simbol Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Ketua RW-08 Rungkut Mapan Barat, Wahyu P Kuswanda.

Acara yang dimulai pada 19.00 WIB ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan.

Selanjutnya Ketua RW-08, Wahyu P Kuswanda, membacakan pidato Walikota Surabaya yang dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Ketua Majelis Ta’lim RW-08, Hadi Siswanto.

Acara yang dipusatkan di RT-07 ini kemudian dilanjutkan dengan pemotongan 10 tumpeng di 10 RT secara serempak, kemudian semarak pesta kembang api menjadi puncak acara serta penampilan berbagai kesenian nusantara yang ditampilkan warga setempat.

Dengan mengusung konsep kembali ke alam, RT-03 mendirikan sembilan tenda yang di samping kiri dan kanannya diterangi oleh obor.

“Konsep kita adalah kembali ke alam, menggunakan tenda dan obor sebagai penerangannya. Warga RT-03 juga menggunakan batik, sarung, sebagai ciri dari masyarakat Indonesia,” ujar Ketua RT-03, Victor Christoffel.

Sedangkan untuk RT-01 mengusung konsep lomba anak-anak, RT-02 (doorprize 3 sepeda), RT-04 (remaja Bhinneka Tunggal Ika), RT-05 (keberagaman), RT-06 (kepedulian), RT-07 (pentas seni Bhinneka Tunggal Ika), RT-08 (manula Bhinneka Tunggal Ika), RT-09 (Srikandi Bhineka Tunggal Ika), dan RT-10 (lomba Bhinneka Tunggal Ika).

Acara dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI di RW-08 ini akan dilanjutkan pada Minggu (18/8/2019), bertema Merah Putih di Lapangan Barat RW-08 Rungkut Mapan Barat, dengan hiburan Barongsai dan doorprize 5 sepeda. (fos/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.