Cegah Radikalisme, Agustin Poliana Kuatkan Pemahaman Pancasila untuk Generasi Muda

Yovie Wicaksono - 19 June 2023

SR, Surabaya – Anggota Komisi C DPRD Provinsi Jawa Timur, Agustin Poliana terus menggencarkan penguatan paham nilai pancasila guna melawan radikalisme kepada anak muda. Salah satunya, lewat gelaran workshop bertajuk “Memaknai Pancasila dalam Kehidupan untuk Generasi Selanjutnya,” yang digelar di Surabaya, Minggu (18/6/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Grand Mercure Mirama dan dihadiri sekira 125 warga Krembangan Surabaya tersebut berlangsung aktif dengan peserta dari beragam usia.

Dalam paparannya dikatakan, isu radikalisme mulai marak terjadi di beberapa daerah. Banyak oknum memanfaatkan suasana jelang pemilu untuk menyebar hal tersebut, dan anak muda menjadi salah satu targetnya.

“Krembangan sudah masuk wilayah radikal karena itu semoga dari kegiatan ini bisa mencegah hal itu terjadi lagi lewat penguatan nilai-nilai pancasila,” ujarnya.

Terlebih, saat ini anak muda sangat mudah memperoleh informasi dari gawai mereka, sehingga perlu pengawasan lebih dari orang sekitar. 

Perkembangan zaman yang sangat pesat, lanjutnya, perlu diimbangi dengan penguatan dasar-dasar pancasila dan nilai toleransi yang tinggi.

“Untuk generasi kita yang mulai beberapa tahun ini ada isu muncul untuk memecah kerukunan ini yang harus diwaspadai jangan sampai ini meracuni generasi kedepannya,” tuturnya.

Ia pun mengajak seluruh pihak untuk memasifkan hal tersebut. Hal ini bisa dimulai dari lingkup terkecil yakni keluarga yang suportif serta mengawasi pergaulan anak mereka, lalu pada kepedulian antar tetangga dan lingkungan sekitar.

“Ini yang harus kita tanamkan jangan sampai mereka terbawa arus, karena anak usia dini itu sudah banyak yang terdoktrin, sebagai orang tua harus mencermati bagaimana anak bergaul,” jelasnya. (hk/red)

Tags: , , , ,

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.