Armuji : Tak Ada Alasan untuk Impor Beras

Yovie Wicaksono - 23 March 2021
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji (kanan). Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Wacana kebijakan impor 1 juta ton beras yang dicetuskan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi terus mendapat sorotan, termasuk dari Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

Pria yang akrab disapa Cak Ji ini menilai, wacana tersebut tak sejalan dengan semangat yang terus digaungkan oleh Presiden Joko Widodo untuk mencintai produk dalam negeri.

“Saya meninjau di Gudang Bulog Cabang Surabaya Utara stok beras tahun 2020 masih ada, saat ini mulai menyerap dari petani untuk tahun 2021. Kemasan serta kualitasnya bagus sehingga tidak ada alasan untuk impor,” ujar Cak Ji, Selasa (23/3/2021).

Lebih lanjut, wacana impor beras juga dianggap sebagai upaya pelemahan terhadap petani serta program kedaulatan pangan.

Ia pun saat ini sedang mendorong agar masyarakat juga melakukan diversifikasi pangan dengan tidak terpaku pada beras sebagai sumber karbohidrat.

“Saya juga mengimbau agar masyarakat bisa variatif dalam mengkonsumsi jenis pangan sehingga tidak terpaku pada beras,” ujarnya.

Cak Ji mengatakan, adapun upaya yang dilakukan Pemkot Surabaya untuk mewujudkan ketahanan pangan adalah dengan menggalakan budidaya hidroponik, tabulampot dan mengoptimalkan lahan tidur yang ada guna meningkatkan produktivitas hasil pangan. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.