Sebanyak 5 Ribu Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kediri Ambil Program JHT

Yovie Wicaksono - 8 September 2020
BPJS Ketenagakerjaan. Foto : (Istimewa)

SR, Kediri – BPJS Ketenagakerjaan Kediri mencatat sejak April hingga sekarang ada sekira 5 ribu peserta sudah mengambil Program JHT (Jaminan Hari Tua) untuk wilayah kota/kabupaten Kediri mau pun Nganjuk.

“Karena ini virus Corona ya, banyak perusahaan yang mem PHK karyawannya. Kuota kita selalu habis.  Setiap hari yang offline 60 dan 87 yang online, pasti habis,” ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang  Kediri, Agus Suprihadi.

Ia menilai, jumlah karyawan yang di PHK di Kota Kediri masih relatif kecil jika dibandingkan dengan daerah lain. Menurutnya paling banyak justru hanya dirumahkan sementara waktu. Setelah kondisi  dinilai normal mereka biasanya dipanggil kembali untuk bekerja.

“Alhamdulillah untuk kota/kabupaten Kediri dan Nganjuk itu untuk PHK tidak seperti di kota lain. Kita PHK hanya sedikit, yang banyak adalah dirumahkan dan sekarang sudah pulih lagi. Jadi perubahan perusahaan yang merumahkan para karyawannya, sekarang sudah mulai aktif lagi,” ujarnya.

Lantaran banyak peserta yang mengambil Program JHT, kantor BPJS Ketenagakerjaan Kediri yang ada di Jalan Mayor Bismo, Kelurahan Semampir, Kota Kediri, hampir setiap hari tidak pernah sepi.

Mereka yang datang ke kantor ini tidak hanya berasal dari Kota Kediri, atau pun Kabupaten Kediri melainkan juga dari luar daerah seperti Nganjuk. Dimana ketiga wilayah ini merupakan cakupan kerja dari BPJS Ketenagakerjaan Kediri. Mereka rela datang sejak pagi untuk mengantre.

Mengingat masih dalam situasi pandemi, para peserta yang datang langsung ke kantor untuk keperluan pengurusan BPJS Ketenagakerjaan ini dibatasi 60 orang per harinya. Sementara untuk pelayanan kepengurusan menggunakan sistem online dilayani  87 peserta.

“Kita rata-rata, dibatasi untuk yang datang langsung 60 orang. Yang online diberi kuota sebanyak 87. Jadi sehari kita melayani 147 peserta ambil JHT,” ujar Agus Suprihadi.

Sekedar informasi, jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Kediri saat ini berjumlah 93 ribu orang. Sedangkan untuk daerah Nganjuk 13 ribu peserta. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.