Pemerintah Putuskan Larang TKA ke Indonesia 

Yovie Wicaksono - 24 July 2021
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Pemerintah memutuskan untuk melarang tenaga kerja asing (TKA) masuk ke Indonesia di masa pandemi saat ini. Namun ada beberapa TKA yang dikecualikan seperti tenaga kesehatan, orang yang mengantar alat kesehatan, Diplomat dan sebagainya. 

“Dulu ramai tenaga kerja asing masuk ke Indonesia sementara kita dikurung. Ada dua alasan, satu, TKA yang dulu masuk ke Indonesia yang katanya dipergoki oleh anggota DPR adalah TKA resmi karena kontrak, jadi dia masuk sebelum masa PPKM,” ujar Menko Polhukam Mahfud MD di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Sabtu (24/7/2021).

Mahfud menjelaskan, sebelum berangkat dari negaranya para TKA ini dikarantina. Kemudian ketika di bandara, 28 orang TKA tersebut dikatakan tenaga kerja ilegal padahal itu tenaga kontrak dari sebelumnya. 

“Karena itu ribut maka pemerintah sekarang sudah keluarkan keputusan TKA dilarang masuk sekarang ini,” kata Mahfud. 

“Diharapkan masyarakat tetap tenang, jaga ketertiban dan keamanan di wilayah masing-masing. Kami bangun kebersamaan tanpa kotak-kotak politik, karena kalau pandemik ini dikatakan sebagai masalah politik maka kita harus selesaikan secara bersama-sama,” kata Mahfud. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.