Simak Cara Menghilangkan Bibir Hitam

Yovie Wicaksono - 5 October 2021

SR, Surabaya – Setiap orang tentu ingin memiliki bibir yang sehat dan merona. Namun, perubahan warna pada bibir, seperti bibir menjadi hitam terkadang tidak bisa dihindarkan karena beberapa faktor, seperti genetik atau keturunan, perubahan hormon, kehamilan, iritasi atau alergi terhadap kosmetik di bibir, paparan sinar matahari terlalu lama, hingga kebiasaan merokok.

Melansir alodokter.com, ada kasus tertentu yang jarang terjadi, bibir hitam juga bisa disebabkan oleh kondisi medis atau penyakit tertentu, seperti melasma atau kanker kulit melanoma di bibir.

Bagi Anda yang memiliki bibir hitam, jangan minder dahulu. Selain bisa ditutupi dengan lipstik, ada beberapa cara menghilangkan bibir hitam, seperti:

1. Mengurangi minuman berkafein

Jika Anda gemar mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh, maka mulai sekarang batasi konsumsinya. Pasalnya, terlalu sering mengonsumsi minuman berkafein bisa membuat warna bibir menggelap.

2. Menghindari menggigit atau menjilat bibir

Kebiasaan menggigit dan menjilat bibir bisa membuat bibir menjadi kering, pecah-pecah, dan iritasi sehingga dapat membuat warna bibir menjadi lebih gelap. Jadi, cobalah hentikan kebiasaan ini, jika Anda tidak ingin memiliki bibir hitam.

3. Berhenti merokok

Hentikan kebiasaan merokok. Tidak hanya memicu munculnya keriput di sekitar bibir dan wajah, kebiasaan merokok dalam jangka panjang juga bisa membuat bibir menjadi kering dan tampak hitam lantaran paparan zat nikotin berlebihan bisa membuat produksi melanin, yaitu zat pemberi warna alami kulit, meningkat sehingga membuat warna bibir menjadi gelap.

4. Melindungi bibir dari paparan sinar matahari

Untuk mengatasi sekaligus mencegah bibir hitam, Anda disarankan untuk mengoleskan tabir surya untuk bibir setiap hari ketika beraktivitas di bawah terik matahari, termasuk saat cuaca sedang berawan sekalipun.

Penggunaan tabir surya pada bibir dapat melindungi bibir dari sinar UV yang dapat menggelapkan warna bibir. Tabir surya untuk kulit bisa berupa lip balm yang memiliki kandungan SPF 30 atau lebih.

5. Memeriksa kandungan lipstik yang dipakai

Lipstik memang bisa menyamarkan warna bibir yang hitam, namun, Anda harus cermat dalam memilih lipstik yang digunakan sehari-hari.

Beberapa kandungan dalam lipstik seperti kamper, minyak kayu putih, peppermint, menthol, parfum, lanolin, fenol, dan asam salisilat bisa menyebabkan reaksi alergi atau iritasi sehingga jika digunakan secara terus menerus bisa membuat bibir menjadi hitam.

6. Memijat bibir

Cara menghilangkan bibir hitam selanjutnya adalah memijat bibir agar aliran darah pada bibir meningkat dan hal ini bisa membuat warna bibir menjadi lebih cerah dan merona. Nah, agar hasilnya lebih maksimal, Anda disarankan memakai minyak almond atau es batu saat memijat bibir.

7. Menghilangkan sel kulit mati pada bibir

Untuk menghilangkan warna hitam di bibir, Anda disarankan untuk melakukan eksofilasi bibir sebanyak 2 kali dalam seminggu menggunakan scrub bibir berbahan lembut.

Dengan melakukan scrubbing atau eksfoliasi bibir secara rutin, sel-sel kulit mati pada bibir dapat terangkat sehingga warnanya bisa menjadi lebih cerah. Scrubbing bibir secara rutin juga bisa memperbaiki jaringan kulit di bibir dan membuat bibir menjadi halus.

Cara melakukan eksfoliasi pada bibir cukup mudah, pertama-tama lembabkan bibir menggunakan lip balm, minyak almond, atau madu. Setelah itu, gosok bibir secara perlahan menggunakan gula untuk membantu mengelupaskan kulit-kulit tipis di bibir.

Berbagai cara menghilangkan bibir hitam di atas bisa Anda coba untuk mendapatkan warna bibir yang lebih cerah. Namun, jika cara tersebut telah dilakukan tetapi bibir masih hitam, sebaiknya konsultasikan ke dokter, apalagi jika keluhan ini disertai dengan rasa gatal, merah, dan nyeri. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.