Semanggi Suroboyo, Kuliner Khas yang Melegenda

Yovie Wicaksono - 20 March 2022

SR, Surabaya – Berjalan-jalan di Kota Surabaya, kurang lengkap rasanya jika belum mencoba kuliner khasnya. Salah satu makanan yang patut dicoba adalah semanggi. Hidangan yang beralaskan daun pisang berbentuk pincuk itu, masih dapat anda temui di sekitar kawasan Taman Bungkul Surabaya.

Semanggi Suroboyo ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan sayur, karena bahan dasarnya terdiri dari kembang turi, daun semanggi, dan kecambah yang disiram dengan sambal campuran ketela rambat.

Harganya pun sangat terjangkau, hanya dengan Rp 10 ribu, seporsi semanggi sudah bisa anda nikmati komplit dengan krupuk puli nya.

“Sambalnya dari ketela rambat yang dikukus terus dihaluskan, diulek sampai halus seperti bumbu pecel tapi padat, nanti kalau mau dijual ditambah air,” kata Hartini, salah satu penjual semanggi di sekitar kawasan Taman Bungkul Surabaya, Minggu (20/3/2022).

Daun semanggi yang menjadi bahan dasar ini didapatkan Hartini dari petani di lingkungan rumahnya. “Semanggi ini sudah ada petaninya di kampung saya, tapi sekarang berkurang banyak. Soalnya kalau hujannya sampai deras banjir atau musim kemarau semangginya mati,”

Hartini mengatakan, pada akhir pekan dirinya berjualan sejak pukul 05.30 WIB hingga sore hari. Biasanya sekali berangkat ia harus membawa 50 porsi semanggi untuk dijual.

“Hari kerja saya membawa 30 porsi, hari Minggu 50 porsi. Kadang jam 2 siang sudah habis tapi kalau sepi sampai sore baru habis,” ujarnya. (hk/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.