Ribuan Peserta Meriahkan ‎Napak Tilas Jejak Pahlawan

Yovie Wicaksono - 16 November 2019
Para peserta jejak napak tilas Pahlawan Nasional Jenderal Panglima Sudirman, di Kediri, Sabtu (16/11/2019) pagi. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Sebanyak 1900 peserta dari berbagai kategori usia mengikuti giat jejak napak tilas Pahlawan Nasional Jenderal Panglima Sudirman, di Kediri, Sabtu (16/11/2019) pagi.

Ribuan peserta dilepas secara langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Kadisbudparpora) Kota Kediri, Nur Muhyar di depan Makam Taman Pahlawan, Jalan PK Bangsa, Kota Kediri.

“Peserta napak tilas tahun ini lebih banyak, jika dibandingkan tahun lalu. Ada sekitar 1900 peserta,” ujar Nur Muhyar.

Sejumlah veteran pejuang juga nampak hadir dalam kegiatan ini.

Nur Muhyar mengatakan, tujuan diadakanya giat napak tilas ini adalah untuk menanamkan rasa nasionalisme, rasa kecintaan kepada negara.

“Sekaligus olahraga menyehatkan fisik dengan berjalan kaki ataupun berlari,” imbuhnya.

Teknis perlombaan jejak napak tilas Pahlawan Nasional Jenderal Sudirman ini diikuti beregu putra, putri, maupun campuran berjumlah 8 orang yang diharuskan membawa tandu ala Panglima Sudirman. Mereka juga diminta mengenakan kostum pahlawan.

Para peserta bersaing untuk menjadi yang terdepan sampai ke garis finish, yakni di Dusun Megarsari, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jarak tempuh diperkirakan 48 Kilometer dan peserta diharuskan sampai finish pukul 14.00 WIB.

Jika dari batas waktu yang sudah ditentukan masih ada para peserta di jalan, maka pihak panitia akan mengevakuasi mereka, karena rute yang dilalui  adalah perbukitan dan dikelilingi hutan.

Para peserta juga diimbau untuk tidak merokok, jika pun ada peserta yang merokok tidak diperkenankan membuangnya secara sembarangan, mengingat hutan di area lereng Gunung Wilis acap kali terbakar.

Guna mengantisipasi adanya peserta yang mengalami gangguan kesehatan ditengah jalan. Pihak panitia telah menyediakan sejumlah mobil ambulance maupun tenaga medis yang ditempatkan di beberapa titik.

Total Hadiah yang diperebutkan dalam lomba kegiatan tersebut sebesar 15 Juta, dimana tiap peserta dikenai biaya administrasi pendaftaran beregu Rp35.000 dan Rp10.000 untuk perorangan (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.