Lestarikan Tradisi Megengan, Sekolah Alam di Kediri Ajari Cara Membuat Kue Apem

Yovie Wicaksono - 1 April 2022
Lestarikan Tradisi Megengan, Sekolah Alam di Kediri Ajari Cara Membuat Kue Apem. Foto : (Super Radio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Kue apem selalu identik dengan tradisi masyarakat Jawa tiap jelang bulan suci Ramadan, yakni megengan.

Dalam tradisi tersebut, warga membuat kue apem untuk dibagikan ke tetangga maupun sanak saudara.  Tradisi inilah yang coba dipertahankan oleh Sekolah Alam  Ramadhani Mojoroto Kota Kediri.

“Kegiatan hari ini kita menyambut bulan suci Ramadan. Mengenalkan anak-anak dengan budaya kita, apeman. Kadang kan anak-anak gak semuanya tahu apa itu apem. Karena itu kita edukasi anak-anak apa itu apem. Ini merupakan upaya kami dalam uri-uri tradisi  orang Jawa,” ujar guru pendamping di Sekolah Alam Ramadhani Mojoroto Kota Kediri, Siti Emiyati.

Bentuk edukasi yang diberikan yaitu dengan memberi penjelasan atau pemahaman tentang apa itu kue apem serta mengajarkan kepada murid disana cara membuat kue apem. 

Pelatihan ini diberikan kepada para pelajar setingkat sekolah dasar. Mereka pun nampak antusias dan menyambutnya dengan suka cita. 

“Pembuatan apem ini kita bekerjasama dengan wali kelas batang selaku tutornya. Anak juga terlibat dalam pembuatan,” pungkasnya.

Agar penyampaian materi yang diberikan dapat diterima, pengajar di Sekolah Alam Ramadhani  menyisipkan  pergelaran wayang dan dongeng. 

“Kan dongeng pengenalan literasi juga kan, jadi sambil belajar mereka juga dikenalkan,” jelasnya. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.