Ketua DPRD Kota Kediri Ajak Masyarakat Jaga Imunitas dengan Bersepeda

Yovie Wicaksono - 13 January 2021
Komunitas sepeda Nderek Bapak'e. Foto: (Istimewa)

SR, Kediri – Meski vaksin Covid-19 sudah datang, Ketua DPRD Kota Kediri dari Fraksi  PDI Perjuangan, Gus Sunoto Imam Mahmudi mengimbau masyarakat agar tetap menjaga imunitas di masa pandemi. 

Menurut bapak dua anak ini, ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas, salah satunya adalah dengan rajin bersepeda. Karena itu ia kemudian memutuskan untuk membuat komunitas sepeda yang beranggotakan 50 orang dari beragam profesi, mulai dari masyarakat umum, orang partai, sejumlah ASN, baik dari Kota maupun Kabupaten Kediri

“Sejak awal pandemi lalu, kita sudah bikin komunitas atau kelompok bersepeda. Semuanya boleh ikut, untuk sekarang anggotanya sudah mencapai 50 orang, tapi yang aktif ikut sekitar 25 orang. Kita gowes bareng semata mata untuk menambah imunitas, apalagi saat ini masih masa pandemi,” ujarnya. 

Komunitas sepedanya tersebut ia beri nama  Nderek Bapak’e. Sejak awal aktif dibentuk hingga sekarang, Gus Sunoto mengaku sudah mengunjungi sejumlah tempat destinasi wisata di wilayah Kota maupun Kabupaten Kediri, seperti Gunung Kelud di Kecamatan Ngancar, lereng kaki Gunung Wilis di Selopanggung dan lokasi wisata religi Goa Puhsarang, tanjakan lereng kaki Gunung Klotok di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, serta  lokasi wisata lainnya yang menawarkan pemandangan perbukitan, sumber mata air dan suasana alam pedesaan yang asri. 

“Sedikitnya kurang lebih ada 10 tempat yang sudah kita kunjungi dengan bersepeda, baik di wilayah Kota maupun Kabupaten Kediri,” ujarnya.

Jarak tempuh yang dilalui sekitar  25-30 kilometer. Apabila jarak tempuh lokasi yang dituju sangat jauh, untuk balik pulang jika terpaksa harus dinaikan mobil pick up.

“Tidak sekedar berolahraga, kita juga pupuk rasa kekeluargaan diantara anggota. Jika ada salah satu anggota yang tidak kuat naik jalan tanjakan, kita tunggu sekaligus kita temani, diikuti dari belakang,” katanya. 

“Sesampainya di tempat yang dituju, kita hanya singgah untuk istirahat,” imbuh suami dari mantan ketua DPRD Kota Kediri Wara Sundari Renny Pramana ini.

Disamping itu, terkadang di kala waktu senggang, Bupati Kediri terpilih, Hanindhito Himawan Pramono serta ayahnya, Sekretaris Kabinet  Indonesia Maju Pramono Anung juga turut bersepeda bersama.

“Terkadang kalau lagi pulang kampung jenguk cucunya di Kediri saat libur, Pak Pramono Anung juga ikut gabung gowes bersama putranya, Hanindhito Himawan Pramono,” pungkasnya. 

Dalam satu minggu, gowes bareng ini diadakan 3 sampai 4 kali. Sebelum berangkat ke lokasi yang dituju, mereka terlebih dahulu berkumpul di kediaman Gus Sunoto di lingkungan Kelurahan Semampir  pukul 06.00 WIB.

Agar terlihat kompak, baju yang dikenakan wajib berseragam kombinasi warna merah hitam bertuliskan Nderek Bapak’e.

“Agar terlihat kompak kita pakai seragam lengan panjang, saya ulangi tujuan kita gowes bareng hanya ingin kita semuanya sehat,” ujar pria berusia 64 tahun ini. (rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.