Kemenkop-UKM Ajak Dekopin Terlibat dalam Penyusunan RUU Perkoperasian

Yovie Wicaksono - 8 July 2022

SR, Jakarta – Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) Agus Santoso mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyusun draft Rancangan Undang-Undang Perkoperasian untuk mengganti UU Nomor 25 Tahun 1992, sebagai landasan hukum progresif yang bisa menguatkan eksistensi kelembagaan koperasi di era digital.

“Rencana RUU ini sudah diajukan ke Kemenkumham. Mereka (Kemenkumham) sudah dukung, untuk kita inisiasi inisiatif untuk pengajuan Draft RUU Perkoperasian menggantikan Undang-undang Nomor 25 tahun 1992,” ujarnya saat menerima kehadiran jajaran pengurus Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) yang dipimpin oleh Sri Untari Bisowarno, beserta dengan perwakilan Dekopinwil dan Dekopinda, Kamis (7/7/2022).

Untuk itu, pihaknya akan mengajak Dekopin dalam proses pembahasan RUU Perkoperasian ini. “Karena kita juga akan membutuhkan masukan-masukan dari gerakan koperasi,” sambung Agus Santoso.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Dekopin, Sri Untari menyambut baik inisiasi Kemenkop-UKM yang turut serta melibatkan Dekopin dalam penyusunan RUU Perkoperasian.

Ia menyebut, Dekopin selalu siap untuk menjadi mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan ekonomi rakyat melalui koperasi.

“Bagaimana kita (Dekopin dan Kemenkop-UKM) menjadi satu kesatuan dalam melangkah. Dalam satu rampak barisan dan kemudian bergerak bersama-sama membangkitkan ekonomi nasional,” tutur Sri Untari.

Ia mengatakan, apabila Menkop-UKM mentargetkan kontribusi Koperasi terhadap PDRB (produk domestik regional bruto) 6,8 persen, maka pihaknya bisa mewujudkan menjadi 7 atau 8 persen kontribusi koperasi terhadap PDRB nasional. 

“Kalau ini bergerak semuanya, dalam satu misi yang sama, pasti bisa jadi 8 persen. Dan kalau jadi 8 persen, itu luar biasa. Maka disitulah kita secara nyata bergerak mewujudkan koperasi sebagai soko guru ekonomi bangsa,” pungkasnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.