Deputi KemenPPPA: Laki-Laki Harus Berperan Dukung Kesetaraan Gender

Yovie Wicaksono - 15 March 2022

SR, Jakarta – Dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, laki-laki memiliki peran untuk bisa berbagi ruang serta mendukung perempuan untuk berkembang dan meraih kesempatan yang seluas-luasnya. 

Hakikat dari kesetaraan gender adalah memastikan perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan dan akses yang sama, ikut berpartisipasi, terlibat dalam akses pembangunan, memperoleh manfaat, dan ikut mengontrol hasil pembangunan.

Demikian disampaikan Plt. Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian PPPA, Indra Gunawan dalam webinar #LelakiTurutSerta : Involving Men to Break the Bias, Senin (14/3/2022). 

“Kalau bicara mengenai kesetaraan gender, bukan berarti kita mempertentangkan antara peran laki-laki dan perempuan, tetapi bersama memperjuangkan hak-hak kemanusiaan,” katanya.

Indra mengatakan, KemenPPPA telah melakukan upaya pengarusutamaan gender sejak tahun 2000, terutama kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. 

“Kami meyakini upaya mewujudkan kesetaraan gender dapat dicapai dengan mengubah paradigma dan pola pikir laki-laki untuk memberi ruang kepada perempuan. Upaya ini perlu kita lakukan bersama,” katanya.

Ditegaskan, kemajuan perempuan di tempat kerja merupakan salah satu prioritas dalam mewujudkan kesetaraan gender. Dengan adanya berbagai keragaman, ekuitas, dan inklusi, perusahaan akan memperoleh manfaat dan keuntungan dari hasil upaya perwujudan kesetaraan gender. 

“Dengan mendorong keterlibatan perempuan di perusahaan, ini akan mendorong produktivitas perusahaan,” kata Indra.

Menurut Indra, dunia usaha pun dapat berperan dalam memberdayakan perempuan dengan berbagai cara, termasuk menjamin terpenuhinya hak perempuan di dunia kerja, seperti cuti melahirkan, cuti keguguran, cuti menstruasi, perlindungan dari kekerasan di tempat kerja, hingga memaksimalkan berbagai potensi untuk dapat berkembang di jenjang karir.

Dewan Pembina Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE), Yono Reksoprodjo sepakat laki-laki harus terlibat secara aktif dalam mempromosikan kesetaraan gender. Pasalnya, ketidaksetaraan gender dapat membatasi kemampuan individu dan bisnis untuk mencapai potensi penuh mereka.

“Keterlibatan dan dukungan menjadi sangat penting, termasuk laki-laki. Menurut survei, ketika laki-laki terlibat langsung dalam keberagaman gender, baik laki-laki maupun perempuan percaya bahwa perusahaan mereka dapat membuat kemajuan yang jauh lebih besar dan dapat mencapai kesetaraan gender,” katanya. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.