Achmad Hidayat : Pancasila Kontekstual di Era Society 5.0

Yovie Wicaksono - 2 July 2022
Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Achmad Hidayat. Foto : (Istimewa)

SR, Surabaya – Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Surabaya, Achmad Hidayat menegaskan, nilai-nilai Pancasila Kontekstual dengan era society 5.0, bagaimana semangat gotong royong bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan zaman tampak nyata.

Hal ini ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam seminar yang digelar Universitas Dinamika, bertajuk “Menumbuhkan Nilai-Nilai Pancasila di tengah paham ideologi Khilafah guna mencegah degradasi NKRI” pada Sabtu (2/7/2022).

“Dua tahun terakhir menghadapi pandemi Covid-19 gerakan rakyat muncul di berbagai kampung saling menyemangati warga yang terinfeksi covid-19. Sukarelawan yang bahu membahu menanggulangi tanpa menghitung untung rugi itulah laku Pancasila,” kata Achmad Hidayat.

Dirinya juga menyampaikan, perlunya pemahaman akan Pancasila bagi generasi muda agar mampu mengkolaborasikan dengan kemajuan teknologi dan informasi sehingga makin mengukuhkan eksistensi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Teknologi informasi beserta gawainnya seperti pisau bermata dua sehingga penggunanya harus memiliki kesadaran sebagai insan pancasila agar membuahkan hasil yang bermanfaat,” imbuhnya. 

Ia mengatakan, belum lama kita diperkenalkan era 4.0, kini sudah diperkenalkan lagi era baru yakni society 5.0 yang diluncurkan oleh pengaruh Jepang. Hal ini tentu berdampak pada berbagai bidang, baik di bidang ekonomi, sosial, budaya hingga pendidikan. 

Rasanya bahasan tentang era industri 4.0 belum tuntas, bahkan di Negara Indonesia belum ada gerak-gerik perubahan yang nyata.

“Yang kita ketahui bersama bahwa era 4.0 merupakan era industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi siber atau dunia maya. Ini merupakan tren otomatisasi dan pertukaran information dalam teknologi manufaktur,” ungkapnya. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.