Wujudkan Kebersamaan dan Toleransi Melalui Aksi Bagi Takjil Umat Lintas Agama

Yovie Wicaksono - 13 June 2017
Umat Katolik Stasi Purwoharjo Paroki Maria Ratu Para Rasul Curahjati sedang membagikan takjil kepada pengguna jalan dan masyarakat yang lewat di depan gereja Katolik Stasi Purwoharjo (foto : Superradio/Fransiscus Wawan)

SR, Banyuwangi – Sebagai wujud kebersamaan dan toleransi umat beragama, banyak ragam yang dilakukan masyarakat di banyuwangi. Salah satunya adalah aksi bagi-bagi takjil yang dilakukan oleh umat Katolik Stasi Purwoharjo, Paroki Santa Maria Ratu Para Rasul, yang menggelar aksi bagi-bagi takjil, pada Minggu (11/6/2017) sore.

Ketua DPP Paroki Santa Maria Ratu Para Rasul Curahjati, Yohanes Widodo mengatakan, aksi bagi-bagi takjil ini merupakan wujud cinta kasih kepada sesama, dalam rangka meningkatkan kerukunan antar umat beragama. Takjil yang dibagikan oleh umat Katolik ini, berasal dari sumbangan seluruh umat Katolik yang berada di wilayah stasi Purwoharjo.

“Umat sangat gembira dengan kegiatan bagi-bagi takjil ini. Terbukti mulai dari yang muda hingga yang tua ikut serta dalam pembagian takjil kepada masyarakat, yang lewat di depan Gereja Katolik Stasi Purwoharjo,” ujarnya.

Sementara itu, di tempat yang berbeda dan di waktu yang bersamaan, para pemuda lintas agama di Desa Tambakrejo, Kecamatan Purwoharjo, juga menggelar aksi serupa. Bahkan mereka sempat menghibur masyarakat yang sedang ngabuburit dengan aksi musik dangdut.

Menurut salah satu tokoh pemuda desa Tambakrejo, Hariyadi, kegiatan aksi bagi-bagi takjil oleh pemuda lintas agama di desanya ini sudah berlangsung sejak 3 tahun yang lalu. Antusias dari warga desa Tambakrejo yang dikenal dengan Kampung Naga karena merupakan penghasil buah naga ini, sangat tinggi.

Bukan hanya kegiatan keagamaan Muslim saja, para warga ikut tergerak. Bahkan ketika umat Hindu merayakan kegiatan keagamaannya, umat yang lain juga turut andil membantu terlaksananya kegiatan.

“Bukan hanya itu saja, jika teman-teman atau masyarakat yang beragama Kristen atau Katolik merayakan Natal, kita yang umat Hindu ataupun umat Muslim juga ikut membantu agar kegiatan Natal berjalan dengan aman dan lancar,” imbuhnya.(wan/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.