Wiranto akan Bahas Terorisme di Rusia

Yovie Wicaksono - 12 February 2019
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. Foto : (Super Radio/Niena Suartika)

SR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto akan melakukan pertemuan bilateral di Rusia, membahas masalah keamanan nasional yang dikaitkan dengan keamanan ragional dan internasional.

“Ya jadi kita sudah melakukan suatu pertemuan bilateral dengan pihak Rusia dan sparing partner saya kan Dewan Keamanan Rusia. Membahas masalah keamanan nasional. Jadi keamanan nasional yang dikaitkan dengan keamanan regional dan internasional,” ujar Menko Polhukam Wiranto, Selasa (12/2/2019).

Dikatakan, pertemuan tersebut utamanya membahas masalah terorisme dan radikalisme. Diantaranya pencegahan aksi terorisme, mulai dari penutupan sumber dana ke para kelompok terorisme hingga mengenali anatomi terorisme di negara lain.

“Juga kita berbicara masalah counter terrorism financing. Bagaimana kita bisa mencegah pembiayaan-pembiayaan yang disinyalir digunakan merupakan biaya terorisme. Itu ketat sekali. Bahkan, Rusia sudah menawarkan kita membuat suatu peta dunia, peta anatomi terorisme dunia,” ujarnya.

Wiranto mengatakan, nantinya masing-masing negara ini akan memberikan kontribusi dari kacamata masing-masing. Bagaimana terorisme di negara-negara lain, dikumpulkan, dikompilasi sehingga tahu betul terorisme dunia itu seperti apa.

“Pasti ada saling kait mengkait kan? Dan tidak ada terorisme berdiri sendiri, sudah melewati batas negara kegiatannya. Nah, ini yang akan segera kita garap dengan Rusia,” kata Wiranto. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.