Warga Kota Kediri Tanam Ribuan Pohon di Lereng Gunung Wilis

Petrus - 22 April 2017
Ribuan warga dan petugas dari Perhutani melakukan aksi tanam pohon dalam rangka Hari Bumi di Lereng Gunung Wilis, Kediri (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – 1.600 lebih warga Kediri memadati lereng Gunung Wilis, tepatnya di Bukit Klotok, di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Ribuan warga yang terdiri dari berbagai elemen pemuda dan pelajar, serta petugas dari Perhutani, melakukan aksi menanam pohon, dan penyebaran seribu benih ikan.

Menurut Reza Darmawan, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri, kegiatan ini merupakan peringatan Hari Bumi, sekaligus mengajak masyarakat bersama-sama menjaga dan merawat bumi.

“Melalui ini kami mengingatkan bahwa bumi ini harus selalu kita rawat. Bumi ini tidak mungkin akan terjaga kalau bukan kita sendiri, yang menjadikan bumi menjadi tertata, minimal mempertahankan apa yang sudah ada,” kata Reza, Sabtu (22/4/2017).

Dipilihnya Bukit Klotok sebagai tempat penanaman pohon, karena tempat itu merupakan satu-satunya hutan kota di Kediri. Selain itu, Bukit Klotok merupakan tempat yang rentan terjadinya musibah kebakaran. Melalui penanaman pohon ini, diharapkan Bukit Klotok menjadi hutan kota yang semakin rindang dan hijau.

“Di Klotok pernah terjadi kebakaran hutan, dan tentunya bila terus dilestarikan dapat menjadi semakin hijau, serta lebih menarik sebagai lokasi obyek wisata,” ujarnya.

Hermawan selaku Asisten Perhutani KPH Kediri mengutarakan, dua ribu pohon yang ditanam kali ini merupakan pohon jenis buah-buahan, seperti durian, trembesi, alpukat, sawo dan juga beringin. Penanaman pohon jenis ini diharapkan dapat menjadikan tutupan Bukit Klotok lebih rapat, sehingga mata air yang dihasilkan dapat terus terjaga.

“Biasanya disini tiap tahun, bahkan kemarin terbakar. Insyaallah tahun ini kita canangkan bebas kebakaran hutan,” tandas Hermawan.(fl/red)‎

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.