Wali Kota Surabaya Segera Bangun Rumah Pompa dan Tinggikan Pintu Air, Antisipasi Hujan Intensitas Tinggi

Petrus - 16 December 2017
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memeriksa kesiapan rumah pompa memasuki musim penghujan (foto : Humas Pemkot Surabaya)

SR, Surabaya – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan sidak dan pengecekan terhadap sejumlah rumah pompa yang ada di Surabaya, untuk memastikan kesiapannya menghadapi musim hujan dengan intensitas hingga Januari 2018.

Pada sidak rumah pompa di Bozem Morokrembangan dan Tambak Wedi, Wali Kota Tri Rismaharini menyatakan akan membangun rumah pompa baru sebagai antisipasi hujan dengan intensitas tinggi.

“Melihat curah hujan yang tinggi khususnya di bulan Januari, kami akan membangun kembali rumah pompa baru, sedangkan pintu air akan dilakukan peninggian agar mampu membendung air laut saat pasang,” kata Tri Rismaharini.

Rencana penambahan rumah pompa dan peninggian pintu air menurut Rism,a sangatlah penting untuk segera dibangun, mengingat rumah pompa yang ada akhir-akhir ini tidak mampu membendung derasnya air laut ketika pasang.

“Saya perintahkan PU Bina Marga untuk membuat rumah pompa baru dan meninggikan pintu air, utamanya yang langsung menghadap ke laut,” ujar Risma.

Selain itu, Pemkot Surabaya lanjut Risma, telah rutin melakukan pengerukan sungai setiap hari, untuk mengurangi sedimen atau endapan lumpur di dasar sungai.

“Pengerukan sungai setiap hari, bahkan dalam 1 tahun kami bisa melakukan pengerukan sebanyak 2 kali,” ujarnya.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga menyediakan tempat pemisah pembuangan air limbah rumah tangga dengan drainase air hujan, yang diletakkan di beberapa pedestrian seperti di Manyar dan Balai Kota. Tempat pemisah pembuangan limbah rumah tangga dan drainase air hujan, bertujuan untuk memperlambat derasnya volume air laut.

“Meski dalam pembangunnya memakan biaya yang cukup mahal, kami akan lakukan agar air laut tidak masuk,” tandas Risma.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.