Analis Kesehatan Berperan Penting Cegah Penyebaran Penyakit di Masyarakat

Petrus - 14 January 2018
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf membuka Seminar Ilmiah Patelki di RSUD Dr. Soetomo Surabaya (foto : Humas Pemprov Jawa Timur)

SR, Surabaya – Profesi sebagai analis kesehatan memegang peranan penting dalam masyarakat, terutama untuk melihat fenomena kesehatan dan mendetaksi kecenderungan penyakit sehingga dapat segera dilakukan upaya pencegahan.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, saat membuka Seminar Ilmiah Menuju Mutu Layanan dan Hasil Berkualitas di Era Global, di Aula Lantai 7 Gedung Diagnostic Center, RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, Minggu (14/1/2018).

“Para analis kesehatan menjadi pintu masuk untuk melihat yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Profesi mereka ini sangat penting,” kata Saifullah Yusuf.

Maka diperlukan sumber daya manusia berkualitas serta didukung teknologi, untuk mendukung peran analis kesehatan di tengah masyarakat, terlebih memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang semuanya berorientasi pada standar internasional.

“Langkah promotif preventif ini bisa dimulai dari temuan analis kesehatan, sehingga bisa mengambil keputusan antisipasinya,” kata Gus Ipul, sapaan akrab Wakil Gubernur Jawa Timur.

Gus Ipul dalam kesempatan ini mengapresiasi Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki), yang terus berusaha meningkatkan keterampilan anggotanya dan analis kesehatan di Jawa Timur. Kedepan, Gus Ipul berharap, Patelki dapat ikut terlibat memajukan kesehatan di Jawa Timur, terutama dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Patelki dapat ambil peran dalam menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat. Kalau masyarakat sehat, punya daya saing bagi Jatim,” pungkasnya.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.