Wagub Jatim Resmikan TPS 3R Glamors Pasuruan

Yovie Wicaksono - 26 November 2018

SR, Pasuruan – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS 3R) Glamors, di Desa Glagahsari, Kabupaten Pasuruan, Senin (26/11/2018). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Wakil Gubernur yang akrab disapa Gus Ipul.

Gus Ipul mengatakan, TPS ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan sampah di Pasuruan, khususnya di Desa Glagahsari yang berpenduduk sekitar 7.000 jiwa. Upaya mengurangi sampah dapat dimulai dari hal kecil, seperti dibangunnya TPS 3R ini.

“Ini sekaligus menjawab keprihatinan terhadap permasalahan sampah. Apalagi baru-baru ini kita mendengar ada Ikan Paus di Wakatobi yang mati dengan perutnya ditemukan sampah sebanyak 5,9 kg,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul berharap, agar setiap desa mempunyai tempat pengelolaan sampah 3R seperti ini, sehingga dapat diwariskan untuk generasi yang akan datang. Peresmian TPS 3R ini juga diharapkan dapat mendukung Kabupaten Pasuruan, menuju Indonesia Bebas Sampah 2025.

“Kalau masalah sampah bisa diatasi, artinya kita memberikan peninggalan yang baik untuk generasi masa depan. Mudah-mudahan ini bisa jadi contoh dan inspirasi desa lainnya,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron mengatakan, sampah adalah masalah yang paling populer untuk dibahas. Untuk mengatasinya, Kabupaten Pasuruan berusaha sekuat tenaga menjaga kualitas lingkungan, salah satu langkahnya dengan mengurangi volume sampah.

Pemkab Pasuruan melalui APBD Tahun Anggaran 2018 di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, melakukan pengadaan bank sampah induk serta sarana dan prasarana.

Pemprov Jawa Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, memberikan bantuan berupa dua tempat sampah terpilah kepada Kepala Desa Glagahsari.

TPS 3R Glamors (Glagahsari Makmur Ora Ruwet Sampah) ini berbasis masyarakat, yang dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Desa Glagahsari dan difasilitasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satker Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Jatim.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.