Visa Belum Selesai, 173 Calon Jamaah Haji Kediri Tertunda Masuk Asrama Haji

Petrus - 27 July 2017
Calon Jamaah Haji dilepas Wakil Bupati Kediri Masykuri di kantor Pemkab Kediri, 173 CJH tertunda berangkat karena visa belum selesai (foto : Superradio/Rahman Halim)

Kediri – Sebanyak 173 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Kediri tertunda keberangkatannya ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Kamis (27/7/2017), karena terkendala pengurusan Visa yang belum tuntas.

Para calon jamaah haji yang tertunda itu adalah dari kloter pertama, kedua, dan ketiga. Menurut Wakil Bupati Kediri, Masykuri, jumlah calon jamaah haji asal Kabupaten Kediri seluruhnya berjumlah 1.244 orang. 173 calon jamaah haji yang tertunda itu rencananya akan menyusul pada Jumat (28/7/2017) esok dengan masuk kloter 4, setelah Visa selesai.

“Karena Visa mereka belum selesai, masih di Kedutaan Arab Saudi. Tadi saya telepon langsung kepada Kakanwil Kemenag. Saya dijanjikan besok, insyaallah mereka yang 173 masuk asrama haji jam 3 sore,” kata Masykuri.

Masykuri mengaku, dirinya merupakan salah satu dari calon jamaah haji yang tidak berangkat pada hari ini, akibat pengurusan Visa yang belum selesai.

“Termasuk saya, seharusnya berangkat hari ini. Tapi karena Visanya belum turun saya iklas saja,” ujar Wakil Bupati, usai melepas keberangkatan calon jamaah haji, di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Kediri.

Terpisah, Kepala Seksi Haji dan Umroh, Kementerian Agama, Kabupaten Kediri, Imron Rosyidi mengatakan, pihaknya membenarkan adanya keterlambatan turunya Visa bagi calon jamaah haji.

“Memang benar, tapi kalau disebut gagal berangkat saya kurang setuju. Yang bener itu tertunda keberangkatanya,” ujar Imron.

Kemenag Kabupaten Kediri masih mengupayakan para jamaah haji yang tertunda keberangkatanya hari ini, dapat secepatnya menyusul ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya.(fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.