Upacara HUT Kemerdekaan RI di Makkah, Tim Medis Siap Hadapi Fase Armina

Yovie Wicaksono - 18 August 2018
Upacara Bendera memperingati HUT ke 73 Kemerdekaan RI di Makkah (foto : Istimewa)

SR, Makkah – Peringatan HUT ke 73 Kemerdekaan RI juga dilaksanakan jauh dari Tanah Air. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Bidang Kesehatan, melaksanakan upacara bendera di lantai atap Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, 17 Agustus 2018 waktu setempat.

Upacara diikuti oleh seluruh tim kesehatan yang terdiri dari tim manajerial, tim promotif preventif (TPP), tim kuratif rehabilitatif (TKR) dan tim gerak cepat (TGC). Upacara dipimpin Sekretaris Jenderal Kemenkes RI dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes.

Untung menegaskan, beberapa hari ke depan petugas kesehatan haji akan kerja lebih keras, yaitu pada fase Armina.

“Kita akan bekerja lebih keras karena disinilah yang akan menentukan keberhasilan kita. Kita akan keluar dari gedung dan akan memberikan pengobatan di luar gedung,” kata dr. Untung, Sabtu (18/8/2018).

Menurut dr. UntungĀ  panas di Armina menjadi tantangan bagi tim medis untuk melakukan yang terbaik.

“Kita bekerja disini untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Saya yakin kita melakukan yang terbaik untuk bangsa kita. Insya Allah nanti kalau semuanya selesai kita akan kembali dalam keadaan sehat,” kata dr. Untung.

Menghadapi Armina, semua tim telah bergerak menyiapkan perbekalan kesehatan untuk jemaah. Dari TPP misalnya telah menyiapkan alat pelindung diri berupa sandal, semprotan dan masker. Tim Gerak Cepat, telah menyiapkan pos-pos kesehatan baik pos besar maupun pos kesehatan satelit dan ambulan. Sementara TKR telah menyiapkan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Arafaah dan KKHI Mina.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusup Singka, meminta semua petugas untuk siaga dan memberikan layanan terbaik untuk jemaah.

“Petugas kita sudah siap. Jemaah pun harus mempersiapkan diri. Gunakan waktu yang tinggal sedikit ini untuk istirahat. Siapkan fisik, siapkan mental,” kata Eka.

PPIH Bidang Kesehatan berjumlah lebih dari 300 personil, sudah siap dikerahkan untuk mengendalikan masalah kesehatan di Armina.

“Insya Allah kita bisa melalui Armina dengan baik. Mohon doa dari keluarga di Indonesia untuk keselamatan dan kesehatan jemaah haji kita,” ujar Eka.(ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.