UNICEF Apresiasi Program Perlindungan Anak Pemkab Jombang

Yovie Wicaksono - 21 March 2019
Anak-anak Indonesia Berhak Mendapatkan Hak Dasar, Salah Satunya Bebas dari Kekerasan Foto : (Istimewa)

SR, Jombang – Chief of Child Protection UNICEF Indonesia Amanda Bissex mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Jombang untuk menjalankan program perlindungan anak ini secara serius dan terpadu, termasuk apresiasi terhadap prestasi Kabupaten Jombang yang mampu meraih penghargaan kota layak anak (KLA). Pemda dinilai berkomitmen besar untuk membangun fondasi perlindungan anak.

Amanda mengatakan penanganan kasus kerentanan anak yang mengarah pada kekerasan anak bisa ditangani apabila dilakukan secara terpadu dan cepat bisa mencegah jatuhnya banyak korban. Dengan adanya sinergisitas OPD di Jombang, mulai dari kepala daerah, dinas perlindungan anak, dinas kesehatan hingga petugas teknis lapangan, menjadi kunci anak-anak aman dalam berkehidupan.

“Dukungan yang kuat dari pemerintah daerah untuk melindungi anak-anak sejak dini, akan sangat berpengaruh pada masa depan mereka sehingga cita-citanya dapat diraih,” ujarnya, Kamis (21/3/2019)

Amanda menegaskan penanganan perlindungan merupakan kerja gotong royong yang bisa dilakukan semua pihak, sehingga tidak harus mengandalkan satu sektor saja. Dengan dilakukan penanganan secara terpadu, anak-anak dalam kelompok rentan maupun kelompok korban kekerasan, dapat ditangani dengan cepat.

Sekedar informasi, Pemkab Jombang telah menerapkan enam komponen yang disyaratkan dalam program kesejahteraan sosial anak integratif (PKSAI) secara optimal.

Keenam komponen tersebut meliputi kebijakan atau payung hukum, ketersediaan layanan terpadu, sumber daya manusia pelaksana, mekanisme kerja antar lembaga, angaaran yang memadai, dan sistem data yang mendukung. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.