Turis Kapal Pesiar Asal Amerika Kunjungi Surabaya

Petrus - 12 January 2017
Turis asal Amerika Serikat diberi udeng khas Surabaya saat mengunjungi gedung Balai Kota Surabaya (foto : Humas Pemkot Surabaya)

SR, Surabaya – Suasana berbeda tampak di depan Balai Kota Surabaya, Rabu (11/1/2017), karena ada gelaran tarian diantaranya Lenggang Surabaya dan tarian Reog lengkap dengan sepasang dadak merak, menyambut kedatangan 86 orang wisatawan kapal pesiar MS. Seabourn Encore asal Amerika yang sedang berkunjung.

Mereka merupakan wisatawan asing yang memilih City Tour dengan rute Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya-HOS-Monkasel-Jalan Kayoon-Balai Kota Surabaya-Patung Joko Dolog-Pelabuhan.

Di dalam Balai Kota, para wisatawan asing disuguhi sajian khas Surabaya, seperti klepon dan minuman sinom. Turis asal Amerika Serikat itu pun diajak berkeliling gedung peninggalan Belanda itu, yang sekarang berfungsi sebagai kantor Walikota Surabaya.

“Saya sangat senang berada di Surabaya, orang-orangnya menyenangkan, kotanya sangat bagus dan kami menikmati waktu kami untuk berkunjung kesini,” ungkap Ann Marie Solomon, salah satu penumpang kapal MS. Seabourn Encore, yang sangat tertarik dengan bangunan  Bali Kota.

Lokasi lain yang menarik selain Balai Kota Surabaya, menurut Marie, adalah patung Suro dan Boyo di depan Kebun Binatang Surabaya, yang menjadi ikon Kota Pahlawan.

“Surabaya sangat panas, tapi menyenangkan sekali dapat berkunjung melihat patung itu,” serunya.

Sebanyak 600 penumpang dan 450 kru kapal pesiar MS. Seabourn Encore asal Amerika Serikat merapat di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dan sebagian penumpangnya mengikuti program City Tour yang disediakan Pemerintah Kota Surabaya.

“Mereka kesini dalam perjalanan keliling dunia dan mampir di Surabaya,” kata Kabid Promosi Wisata, Dinas Pariwisata Surabaya, Dayu Kade Asritami.

Selain rute perjalanan ke Balai Kota, City Tour juga menawarkan rute perjalanan ke kawasan Wisata Mangrove Wonorejo. Untuk wisatawan yang memiliih mengunjungi Wisata Mangrove Wonorejo berjumlah 40 orang.

“Responnya positif, operator kapal pesiar juga sangat antusias bekerjasama dengan Pemkot Surabaya, karena satu-satunya kota yang sangat ramah dalam menyambut tamu,” ujar Dayu Kade.

Turis asal Seattle, Amerika Serikat, Bill mengatakan, dirinya sangat menyukai jamuan terima tamu saat kapal pertama kali bersandar di Surabaya.

“Saya datang bersama istri saya, kami menyukai gedung ini, terima kasih sudah menjamu saya. Saya menikmati kunjungan ini” tutur Bill yang mengaku baru pertama kali berkunjung ke Indonesia.(Ptr/Red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.