Tumbuhkan Karakter Diri Lewat Egrang

Yovie Wicaksono - 20 July 2018
Permainan Tradiosional Egrang, Menjadi Salah Satu Materi dalam MPLS di SMAK Santa Maria Surabaya, Jumat (20/7/2018). Foto : (istimewa)

SR, Surabaya – Ada yang berbeda dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAK Santa Maria Surabaya tahun ajaran 2018 – 2019.  Jumat (20/7/2018), siswa tidak hanya diajak untuk mengenali lingkungan sekolah yang baru, melainkan diajak untuk memperkuat karakter diri melalui permainan tradisional egrang.

Total 250 siswa berlomba bermain egrang. Mereka serempak kompak mengadu kecepatan di lintasan yang telah ditentukan.

“Wah, permainan egrangnya asyik sekali. Selain dapat menguatkan otot-otot kaki dan tangan, permainan ini juga dapat melatih koordinasi gerakan kaki dan tangan. Untungnya, saya tadi mampu menjaga keseimbangan diri hingga sampai garis finis,” kata Callysta Natasha siswi kelas X Bahasa.

“Main egrang itu luar biasa, lho. Ini pertama kalinya dalam hidup saya. Permainan egrang ini menyimpan filosofi yang tinggi. Ada nilai-nilai kerja keras, pantang menyerah, keuletan, dan sportivitas. Kepribadian dan karakterku, akhirnya menjadi terbentuk. Potensi diriku menjadi lebih berkembang,” imbuh Jesson Heruten siswa X IPA.

Permainan Egrang di SMAK Santa Maria Surabaya, Jumat (20/7/2018). Foto : (Istimewa)

Momen MPLS adalah momen yang ditunggu para siswa baru. Mereka beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru dan teman-teman baru. Kepribadian, karakter, dan wawasan akan tumbuh berkembang seiring berproses menjadi pribadi yang menarik dan menginspirasi. Pendidikan yang dijalani selama MPLS, akan menjadi bekal kehidupan di tahap selanjutnya.

“Saya sungguh bangga melihat pelaksanaan MPLS yang telah dijalani oleh para siswa baru. Semoga anak-anak akan cepat beradaptasi dan memahami visi misi sekolah serta mater-materi MPLS yang telah diberikan agar dalam proses pembelajaran di kelas nanti para siswa tidak merasa kesulitan,” kata Christina Sumarwatini, Ketua Pelaksana MPLS 2018. (*/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.