TPID Kota Kediri Sidak Harga Sembako di Bulan Ramadhan

Petrus - 23 May 2018
TPID Kota Kediri melakukan sidak harga bahan kebutuhan pokok jelan Idul Fitri (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Memasuki hari ke tujuh pelaksanaan bulan suci Ramdhan, harga komoditas bahan kebutuhan pokok relatif stabil, di sejumlah pasar tradisional Kota Kediri. Beberapa jenis komoditas bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar, hanya harga daging ayam potong yang mengalami kenaikan cukup signifikan, yaitu dari Rp. 30 ribu per kilogram, menjadi Rp. 34 ribu per kiligram. Kenaikan harga daging ayam potong di Kota Kediri berlangsung secara bertahap.

“Untuk ayam ras, sebelumnya Rp. 30 ribu, hari ini Rp. 34 ribu. Faktornya karena harga pakan ternak ayam naik,” ujar Yety Sisworini, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, Rabu (23/05/2018).

Temuan harga kebutuhan pokok ini diketahui, saat Tim Pengendali Inflansi Daerah (TPID) Kota Kediri sedang melaksanakan sidak di dua pasar tradisional Pahing dan Setono Betek. Dalam sidak kali ini, TPID didampingi Satgas Pangan Polres Kediri Kota, yang dipimpin langsung Kapolresta AKBP Anthon Haryadi.

Satu persatu lapak pedagang didatangi sambil berinteraksi dengan para pedagang. Dari pantuan di lokasi, harga komoditas beras, sayur dan daging sapi, masih relatif stabil. Harga telur turun dari sebelumnya Rp. 24 ribu per kilogram menjadi Rp. 22 ribu per kilogram. Harga cabai rawit Rp. 30 ribu per kilogram, turun menjadi Rp. 26 ribu per kilogram.

“Penurunan harga terjadi karena barangnya ada, permintaan turun sehingga harga tetap terjaga,” pungkasnya.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.