TPID Kota Kediri Pantau Kenaikan Harga Telur di Pasar Tradisional

Petrus - 10 July 2018
TPID Kota Kediri Melakukan Sidak di Pasar Tradisional atas Kenaikan Harga Telur (foto : Super Radio/Rahman Halim)

SR, Surabaya – Tim Pengendali Inflansi Daerah (TPID) Kota Kediri melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional, di Kota Kediri, Selasa (10/7/2018). Sidak ini dilakukan di dua tempat yaitu Pasar Setono Betek, dan Pasar Pahing. Pantauan Superradio di ke dua pasar itu menyebutkan, bahwa harga telur tertinggi saat ini mencapai Rp. 26.000 per kilogram.

Tim gabungan yang terdiri dari Bank Indonesia Kediri, Desperindagtamben, dan Dinas Pertanian, secara langsung berkomunikasi dengan para pedagang untuk menggali informasi mengenai kenaikan harga telur. Menurut Yety Sisworini, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian  Kota Kediri, sidak dilakukan setelah adanya informasi kenaikan harga telurdi pasaran, yang dipicu beberapa faktor diantaranya harga pakan ternak yang juga naik, permintaan telur yang meningkat dari luar Jawa, serta pengaruh cuaca.

“Kalau telur memang cenderung ada kenaikan. Dari hasil pantuan yang kita dapatkan ini tadi, mulai Minggu kemarin, harga telur ada kenaikan, sekarang ini Rp. 26.000, dari harga sebelumnya Rp. 21.000, Rp. 22.000 dan Rp. 24.000,” kata Yety.

Meski harga telur cukup tinggi, namun untuk ketersediaan pasokan telur dipastikan masih mencukupi. TPID Kota Kediri saat ini tidak dapat berbuat banyak terkait tingginya harga telur, selain menunggu dan melakukan pemantauan pasar.

“Nanti kita koordinasikan, dapat mengunjungi peternaknya,” ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah peternak ayam petelur di wilayah Kota Kediri banyak mengeluh turunnya produksi telur. Hal ini yang menjadi salah satu faktor tingginya harga komoditi telur hingga sekarang.

Di sela-sela sidak harga telur, tim TPID juga menemukan harga komoditas sayur mayur yang ikut mengalami kenaikan, terutama komoditas cabai dan tomat.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.