Tangkal Radikalisme, Masyarakat Kota Kediri Bentuk Karang Taruna Tangguh

Yovie Wicaksono - 2 September 2018
SR, Kediri – Sejumlah perangkat RT (rukun tetangga) di Kota Kediri membentuk Karang Taruna Tangguh, sebagai salah satu upaya preventif menangkal masuknya paham radikalisme, terutama di kalangan para remaja.
Jumanto, Ketua RT 01 RW 03 Kelurahan Ngeronggo, Kota Kediri mengungkapkan, dibentuknya karang taruna tangguh diharapkan dapat mengantisipasi dan menangkal segala bentuk paham radikalisme. Upaya pencagahan dilakukan dengan mengisi kegiatan remaja dalam bentuk yang positif.
“Kita berupaya agar paham radikalisme tidak sampai masuk di lingkungan kita. Caranya, ya kita bentuk organisasi Karang Taruna Tangguh, yang anggotanya terdiri dari para pemuda di sini,” kata Jumanto, Minggu (2/9/2018).
Jumanto mengaku prihatin dengan aksi terorisme yang terjadi di Surabaya beberapa waktu lalu, yang diantara pelakuny adalah anak usia remaja ke bawah berstatus pelajar.
Menurutnya, peristiwa teror bom di Surabaya harus dijadikan pelajaran agar kita selalu berhati-hati dan waspada, terhadap masuknya ajaran atau ideologi yang mengajarkan untuk berbuat kekerasan dalam mencapai tujuan atau kepentinganya.
“Kalau di sini ya, kita isi dengan kegiatan positif, seperti halnya menyelenggarakan lomba-lomba pada momentum Hari Kemerdekaan, seperti sekarang. Dengan kegiatan peringatan hari Kemerdekaan ini, diharapkan bisa memupuk rasa kebangsaaan warga,” ujarnya.
Meski organisasi Karang Taruna Tangguh telah terbentuk, namun masih diperlukan bimbingan dan masukan dari berbagai pihak.
“Ya mestinya tetap kita arahkan, mengingat usia mereka kebanyakan masih muda,” lanjutnya.
Papar Jumanto.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.