Tambah RTH, Pemkot Kediri Buat Hutan Kota

Petrus - 4 September 2017
Pemkot Kediri akan menambah ruang terbuka hijau dengan membangun hutan kota (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Pemerintah Kota Kediri mengubah ruang terbuka hijau yang dikelola PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) menjadi hutan kota. Pelaksanaan pembangunan hutan kota direncanakan selesai pengerjaanya pada bulan Desember 2017.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan dan Pertamanan Kota Kediri, Didik Tjatur, Pembangunan Ruang Terbuka Hijau Taman Hutan Kota Joyo Boyo sudah mulai dilaksanakan. Pencairan anggaran akan dilakukan secara berkala hingga dua tahap.

Tahap pertama periode tahun 2017 untuk dana yang dialokasikan sebesar Rp. 6,6 miliar. Menyusul masuk tahun 2018, anggaran kembali ditambah sebesar Rp. 3,5 miliar, dengan luas lahan yang digarap mencapai 2,6 hektar. Didik Tjatur berharap, dengan adanya Hutan Kota Joyo Boyo, sekaligus dapat dijadikan salah satu andalan Destinasi Wisata Kota Kediri.

“Tentunya sesuai dengan kontrak akhir Desember. Diupayakan pertengan Desember sudah selesai,” terangnya.

Sekarang ini ruang terbuka hijau di Kota Kediri dirasa kurang, sehingga hal ini menjadi latarbelakang Pemerintah Kota Kediri menambah hutan kota.

Dalam pembangunan hutan kota, terdapat beberapa konsep yang akan diterapkan, seperti perpustakaan serta pemeliharaan tanaman langka di dalamnya. Didik menilai, Kota Kediri idealnya memiliki ruang terbuka hijau hingga 20 persen.

“Idealnya kota 20 persen, untuk target  2025 mendatang. Saat ini kita masih 8 persen, itu kalau ruang publik ya,” imbuhnya.

Terpisah, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar berharap, dengan adanya tambahan ruang terbuka hijau tersebut, nantinya memilki manfaat bagi masyarakat Kediri.

“Kita akan mencoba mencari tanaman-tanaman langka yang nanti ditempatkan disini. Sehingga bukan hanya pohon trembesi saja, agar pohon lain bisa dikenalkan ke pengunjung,” tandas Abu Bakar.(fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.