Taman Brantas, Ikon Baru Kota Kediri

Petrus - 9 April 2018
Pjs Wali Kota Kediri Jumadi meresmikan Taman Brantas (foto : Superradio/Rahman Halim)

SR, Kediri – Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Kediri, Jumadi, meresmikan ruang terbuka hijau yang baru, di kawasan bantaran Sungai Brantas, Kecamatan Kota. Jumadi mengatakan, Taman Brantas di bangun di lokasi yang strategis, karena terletak di samping sungai yang memiliki panjang 320 kilometer.

“Menurut saya sangatlah strategis, karena sungai ini membelah Kota Kediri menjadi dua bagian, dan ini tidak terjadi di 11 kota maupun kabupaten lain. Inilah posisi strategisnya,” kata Jumadi.

Jumadi menambahkan, dalam waktu dekat Pemerintah Kota Kediri akan kembali melanjutkan proyek pembangunan Jembatan Brawijaya, yang lokasinya berada persis diatas Taman Brantas.

“Sehingga Jembatan Brawijaya dan Taman Brantas bisa bersinergi,” ujarnya.

Jumadi juga berharap adanya koniktivitas antara wilayah utara dan selatan yang terhubung oleh Jalan Tol, terutama jika bandara di Kabupaten Kediri selesai dibagun dalam lima tahun kedepan. Menurutnya, tempat publik sangat penting bagi setiap kota atau kabupaten, karena dapat mengurangu kepadatan aktivitas di pusat kota.

Masyarakat Kediri memanfaatkan arena bermain di Taman Brantas pada malam hari, yang baru diresmikan (foto : Superradio/Rahman Halim)

 

“Mereka secara psikologis emosional, bisa melakukan interaksi di ruang terbuka hijau diantaranya di Taman Brantas Ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kota Kediri, Sunyata mengungkapkan, Taman Brantas ini rencananya dibangun dengan panjang 900 meter, dengan cakupan luas 1,4 Hektar. Namun, saat ini yang telah selesai dibangun adalah bagian tahap pertama sepanjang 210 meter.

Taman Brantas ini memiliki fasilitas antara lain taman bermain, panggung terbuka, arena skate board, arena sepada BMXn serta jogging track. Anggaran pembangunan Taman Brantas menelan biaya sekitar Rp. 7 miliar yang dialokasikan dari APBD.

Masyarakat Kota Kediri terlihat antusias datang ke Taman Brantas pada malam hari, untuk bersantai dan menikmati berbagai fasilitas di taman ini.(rh/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.