Tahun 2021, Kementerian ATR/BPN Targetkan Seluruh Tanah di NTB Tersertipikasi

Wawan Gandakusuma - 7 December 2018

SR, NTB – Tahun 2021, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menargetkan seluruh bidang tanah di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) selesai tersertipikasi.

Hal itu disampaikan Menteri ATR/BPN, Sofyan A Djalil, saat memberikan sambutan pada acara penyerahan sertipikat tanah untuk rakyat, yang diselenggarakan di dua tempat yaitu di kantor Pemkab Lombok Barat, dan di kantor BPN Kabupaten Lombok Utara.

Di Lombok Barat, Sofyan A Djalil menyerahkan 2.000 sertipikat tanah, yang diserahkan secara langsung kepada 14 perwakilan penerima. Sedangkan di Lombok Utara, ia menyerahkan 500 sertipikat tanah, yang diserahkan langsung kepada 10 orang perwakilan penerima sertifikat.

Menteri Sofyan mengatakan, penyerahan sertipikat ini adalah komitmen pemerintah untuk memberikan kepastian hukum hak atas tanah kepada rakyat.

Selain itu, sertipikat ini juga dapat dijadikan jaminan untuk memperoleh modal. Namun demikian, Sofyan mengingatkan masyarakat, agar memperhitungkan betul jika ingin meminjam uang ke bank.

“Jangan untuk kebutuhan konsumtif, nanti Bapak Ibu tidak bisa bayar cicilan, sertipikatnya hilang, tanah pun nanti dilelang oleh bank,” katanya.

Kegiatan penyerahan sertipikat tanah ini disambut antusias oleh masyarakat penerima sertipikat. Salah satunya adalah Sumarjan (53). Ia berterima kasih kepada Presiden Jokowi karena dengan adanya sertipikat ini dapat memperkuat hak atas tanahnya.

“Saya ucapkan terima kasih juga kepada BPN yang sudah memberikan pelayanan yang baik, cepat, ramah dan bagus,” kata Sumarjan. (ns/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.