Surabaya Tingkatkan Kerjasama dengan Liverpool Inggris

Petrus - 7 March 2017
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Mozzam Malik menerima cindera mata dari Wakil Walikota Surabaya Wishnu Sakti Buana di Balai Kota Surabaya (foto : Humas Pemkot Surabaya)

SR, Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya mematangkan kerjasama di bidang pembangunan dengan Kota Liverpool, Inggris. Kerjasama akan difokuskan pada bidang pendidikan guru, maritim dan pelabuhan, public transmart, dan pengolahan limbah rumah sakit.

Hal ini terungkap saat Wakil Walikota Surabaya Wishnu Sakti Buana menerima rombongan pengusaha dari Liverpool yang dipimpin oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia Mozzam Malik, di Balai Kota Surabaya, Selasa (7/3/2017).

Wakil Walikota Surabaya, Wishnu Sakti Buana mengatakan, pertemuan ini merupakan interaksi antara delegasi pengusaha Liverpool dengan SKPD terkait, yang akan menindaklanjuti kerjasama dalam bidang yang disepakati.

“Kami menyampaikan sedikit paparan dan juga peluang kerja sama terkait potensi di Surabaya,” kata Wishnu.

Kerjasama di bidang pendidikan guru akan dilakukan, dalam bentuk meningkatkan kemampuan mengajar dan berbahasa Inggris. Sedangkan bidang public transmart yang akan dikerjasamakan terkait pembangunan bus, MRT, monorail, dan trem yang akan dikembangkan di Surabaya.

Di bidang kemaritiman dan pelabuhan, Pemerintah Kota Surabaya menggandeng Pelindo III untuk ikut, sebagai upaya pengembangan pelabuhan di Surabaya ke depan yang semakin baik.

“Karena saat ini Liverpool sedang mengembangkan pelabuhan yang nantinya akan menjadi sentral pelabuhan di Inggris Utara dan Skotlandia. Di situ Pelindo bisa belajar,” kata Wishnu.

Terkait kerjasama di bidang pengolahan limbah rumah sakit, Wishnu berharap pengelolaan limbah medis yang selama ini tidak dikelola dengan baik dapat dikelola menjadi sesuatu yang bernilai dan ramah lingkungan.

“Sesuai dengan keinginan bu Wali, sebaiknya limbah Rumah Sakit dan Puskesmas dapat dikelola Pemkot ketimbang pihak ketiga, karena jika dikelola sendiri maka sistem pengolahan limbah tidak lagi membahayakan warga sekitar, namun bisa diubah menjadi limbah yang ramah lingkungan bagi warga. Contohnya mengubah limbah Rumah Sakit dan Puskesmas menjadi listrik,” ungkap Wishnu.

Sementara itu Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Mozzam Malik mengatakan, kunjungan ini merupakan kunjungan resmi keduanya ke Surabaya, yang merupakan kota dengan banyak kemajuan yang pesat.

“Komunikasi dan kerjasama antara Surabaya dan Liverpool sudah terbangun sejak tahun 2014, namun Saya senang bisa berkunjung ke sini untuk mengetahui langsung bagaimana perencanaan kota dan pembangunan infrastrukturnya,” ujar Mozzam.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.