Surabaya dan Turki Siap Jalin Kerjasama Ekonomi Lebih Intensif

Petrus - 15 July 2017
Tri Rismaharini saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Turki untuk Indonesia, M.K. Sander Gurbuz di Ruang Kerja Walikota Surabaya (foto : Superradio/Srilambang)

SR, Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya dan Pemerintah Turki sepakat untuk meningkatkan hubungan kerjasama, khususnya di bidang pembangunan ekonomi dan pembangunan konstruksi.

Hal ini ditandai dengan pertemuan antara Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Duta Besar Turki untuk Indonesia, M.K. Sander Gurbuz, di Balai Kota Surabaya belum lama ini.

“Karena Pak Jokowi sudah menyampaikan nanti ada free trade zone area atau perdagangan bebas, juga pelabuhan di surabaya sudah bisa dimasuki kapal-kapal besar, maka besar kemungkinan koneksi perdagangan berjalan lancar antar kedua negara,” ujar Risma.

Peningkatan kerjasama ini kata Risma, diyakini akan mempercepat pendistribusian barang dari Turki ke Surabaya, dan sebaliknya dari Surabaya ke Turki. Hal ini juga tidak lepas dari jalur distribusi yang tidak perlu lagi singgah di Singapura, tetapi dapat langsung ke Surabaya.

“Hal ini akan memangkas biaya dan pastinya lebih murah,” kata Risma.

Kerjasama di bidang konstruksi akan dilakukan oleh Surabaya dan Turki, dengan terus melakukan komunikasi mengenai upaya pembuatan usulan kerjasama yang akan dijalani.

“Pembangunan konstruksi di Turki sangat luar biasa, dan mereka gencar membangun MRT dan masih banyak lagi,” lanjut Risma.

Sementara itu Dubes Turki untuk Indonesia, M.K. Sander Gurbuz mengatakan, Kota Surabaya dapat mengambil peran penting di sektor ekonomi karena pelabuhannya saat ini sudah berstandart international.

Selain itu, Kota Surabaya juga telah melakukan kerjasama kota kembar atau sister city, dengan kota terbesar kedua di Turki yaitu Ishmir.

“Kita bisa meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi lebih cepat,” kata Sander, seraya menawarkan kepada Risma untuk berkunjung ke Turki untuk melihat peluang kerjasama lebih mendalam.(ptr/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.