Siskeudes Maksimalkan Pengelolaan Keuangan Desa

Fena Olyvira - 30 January 2019
Ilustrasi. Foto : (Istimewa)

SR, Malang – Pemerintah Kabupaten Malang menyatakan bahwa penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa atau Siskeudes dinilai mampu memaksimalkan pengelolaan keuangan desa, yang diharapkan mampu mendorong tata kelola keuangan desa yang lebih baik.

Melansir Antara, Wakil Bupati Malang Sanusi mengatakan, dana desa dan pengelolaan keuangan desa yang baik menjadi harapan masyarakat desa. Dengan dikelola secara maksimal, maka pembangunan kawasan perdesaan akan semakin berkembang, maju dan sejahtera.

“Dengan menggunakan Siskeudes, memberikan dampak positif dan menjadi nilai tambah yang sangat bermanfaat bagi tata kelola keuangan di lingkungan desa,” kata Sanusi, saat membuka Workshop Hasil Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 , di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Rabu (30/1/2019).

Sanusi mengharapkan, adanya aplikasi Siskeudes tersebut bisa diterapkan di semua desa yang ada di wilayah Kabuapten Malang yang mencakup 33 kecamatan, dengan jumlah desa mencapai 378 desa dan 12 kelurahan.

Dengan adanya penerapan aplikasi tersebut di seluruh desa yang ada, diharapkan mampu memaksimalkan pengelolaan keuangan, juga menjadikan keuangan desa semakin akuntabel dan transparan. Selain itu juga, mengakselerasi pencapaian target pembangunan.

Pada Tahun Anggaran 2019 ini, telah ditetapkan melalui Peraturan Bupati Malang Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2019, dimana secara rata-rata untuk masing-masing desa di Kabupaten Malang mendapatkan dana sebesar Rp967,79 juta.

Alokasi tertinggi diterima oleh Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon, yakni mencapai Rp1,49 miliar, dan yang terendah diterima Desa Suwaru Kecamatan Pagelaran sebesar Rp769,88 juta.

“Dalam pelaksanaan di lapangan, nilai nominal Dana Desa yang menjadi bagian terbesar dari keuangan desa tentunya wajib dikelola dengan baik dan benar, sehingga dana tersebut dapat digunakan dengan tepat sasaran dan sesuai sasaran,” tutup Sanusi. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.