Sidoarjo Akan Miliki Mal Pelayanan

Yovie Wicaksono - 15 December 2018
Ilustrasi

SR, Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur segera mewujudkan “Mal” Pelayanan Publik (MPP) menyusul sudah dilaksanakannya penandatangan kesepakatan bersama antara pemerintah daerah setempat dengan peserta MPP di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Jumat (14/12/2018).

Melansir Antara, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, pelayanan publik ini melibatkan 18 peserta dari unsur pemerintah dan non pemerintah di antaranya adalah Pemkab Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur.

“Selain itu, juga ada Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo, Kantor Kementerian Agama Sidoarjo, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo, PDAM Delta Tirta, Bank Jatim Cabang Sidoarjo, BPR Delta Artha,” katanya.

Saiful Ilah mengatakan, kehadiran MPP di Kabupaten Sidoarjo menjanjikan pelayanan publik yang terpadu di mana dapat menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat akan munculnya pelayanan publik yang memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

“Ini adalah komitmen Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk terus menerus meningkatkan pelayanan publik,” katanya.

Bupati Sidoarjo yang akrab disapa Abah Ipul ini mengatakan, tantangan selanjutnya adalah upaya memastikan konsistensi dan komitmen agar secepatnya terwujud MPP di Kabupaten Sidoarjo.

Abah Ipul juga meminta para pemimpin unit-unit pelayanan untuk fokus melakukan sinergi dengan semangat keterpaduan dalam proses penyelenggaraan MPP.

“Melalui penandatanganan kesepakatan MPP ini mari wujudkan MPP yang memberikan pelayanan terbaik dalam satu gedung, selain itu pula saya berharap agar nanti semua tetap menjaga kebersihan serta memberikan sarana dan prasarana yang nyaman sehingga masyarakat yang dilayani nantinya dapat terlayani dengan baik,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo Ahmad Zaini menjelaskan MPP ini adalah sebuah terobosan yang dilakukan oleh pemerintah guna memberikan layanan yang pasti pada aspek kependudukan dan catatan sipil, perizinan, keimigrasian, kepolisian, pajak dan retribusi, izin pertanahan, utilitas listrik PLN, BPJS, PDAM, layanan sosial serta berbagai layanan publik lainnya di satu tempat.

“Selain itu, MPP untuk memastikan pelayanan yang diberikan bebas pungli, seluruh biaya yang dikeluarkan dalam layanan tersebut dilakukan secara elektronik atau melalui perbankan,” katanya.

Ia menambahkan MPP Kabupaten Sidoarjo ini berlokasi di Gedung Serba Guna Lingkar Timur dan saat ini pembangunan MPP telah selesai pada tahap penyelesaian akhir interior serta sarana pendukung lainnya.

“Ke depan MPP akan terus mengalami penyesuaian dan perbaikan secara bertahap, guna memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Sidoarjo, Ikeda Hendra Kusuma mengaku sangat mendukung adanya MPP ini.

“Kami sangat mendukung adanya MPP ini supaya bisa melayani masyarakat Sidoarjo secara maksimal,” katanya. (*/ant/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.