Sidak Armada Bus Jelang Lebaran, Belasan Sopir Terkena Tekanan Darah Tinggi

Petrus - 21 June 2017
Sejumlah sopir bus di Kota Kediri menjalani pemeriksaan kelayakan jalan dan pemeriksaan kesehatan para sopir (foto : Superradio/Rahman Halim)

kediriSR, Kediri – Dinas Perhubungan Kota Kediri melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap puluhan sopir bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Baru, Kelurahan Tamanan, Kota Kediri.

Dari 25 sopir bus yang menjalani pemeriksaan dan diambil sampel darah dan urine, hampir separuh diketahui mengidap tekanan darah tinggi. Pemeriksaan kesehatan bekerjasama dengan tim kesehatan Polresta Kediri, serta Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kediri.

Menurut Paur Kesehatan Polresta Kediri, Minarni, rata-rata tekanan darah para sopir yang diperiksa tergolong tinggi, yakni antara 160 sampai 200 untuk atas, dan bawah mencapai 100.

“Yang diperiksa sebanyak 25 orang, sopir yang dinyatakan mengidap tekanan darah tinggi ada 12 orang, Jadi separuhnya,” ujar Minarni, Rabu (21/6/2017).

Selanjutnya, tim medis menyarakan agar para sopir segera berobat ke dokter, karena kondisi itu dikhawatirkan dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan sopir saat mengemudi.

“Ancaman terburuk adalah serangan strok mendadak di jalan saat mengemudi, yang itu sangat membahayakan keselamatan penumpang,” kata Minarni.

Penyebab Tekanan darah tinggi yang diidap para sopir, dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya keturunan, dan pekerjaan di jalanan yang dapat menyebabkan kelelahan atau terlalu tegang saat mengemudi.

Selain pemeriksaan medis, tim dari Dinas Perhubungan juga melakukan pengecekan prasarana fisik atau kelayakan armada bus beserta kelengkapan surat ijin mengemudi. Dari hasil pemeriksaan fisik kendaraan, semua armada dinyatakan telah memenuhi persyaratan layak beroperasi mengangkut penumpang.(fl/red)

Berita Terkait

Tinggalkan komentar

Silahkan masuk atau daftar terlebih dahulu untuk memberi komentar.